Toyota Prius Baru Tampil Lebih Sporty?

228
Toyota CHR
Perkiraan Tampilan Prius Terbaru
Toyota CHR
Perkiraan Tampilan Prius Terbaru

 

 

 

 

 

 

Meski belum ada kejelasan mengenai waktu yang pasti peluncuran Toyota Prius 2016, pabrikan otomotif asal Jepang itu diperkirakan akan memamerkan mobil tersebut tahun ini.

Prius merupakan salah satu mobil hybrid yang selalu ditunggu generasi terbarunya. Sayangnya, CEO Toyota untuk wilayah Amerika Utara Jim Lentz belum bisa memastikan kapan Toyota Prius terbaru akan dirilis. Namun, ia mengungkapkan sedikit tentang bagaimana penampilan mobil hybrid tersebut. Tampilan memang salah satu hal yang penting dalam setiap produk otomotif selain performa mesin dan teknologi yang diusungnya.

Menurut Lentz, seperti dilansir Detroit Free Press, Prius memiliki siklus rata-rata enam tahunan dalam memunculkan generasi terbarunya. Terakhir kali Toyota meluncurkan Prius adalah pada 2009. Maka, generasi keempat mobil tersebut diperkirakan akan muncul tahun ini. Kemungkinan besar prototype Prius terbaru akan dipamerkan di ajang pameran otomotif di Tokyo  atau Los Angeles tahun ini.

“Saya sudah mengendarainya, sangat fantastis,” ujar Lentz sembari menambahkan bahwa Prius baru ini memiliki tampilan yang lebih bagus dan handling yang lebih sempurna.

Lentz juga mengisyaratkan bahwa penampilan Toyota Prius 2016 akan mirip dengan mobil konsep jenis crossover Toyota C-HR yang dipamerkan di ajang Paris Auto Show pada 2014 lalu. Hal ini berbeda dengan tampilan Prius generasi sebelumnya yang mengusung konsep city car.

Prius merupakan mobil hybrid andalan Toyota yang menjadi pelopor saat produsen asal Jepang itu mengenalkan strategi baru dalam pengembangan produk dengan nama Toyota New Global Architecture atau TNGA. Strategi ini bertujuan mengangkat nama Toyota di kancah bisnis otomotif global sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di dunia.

Karena begitu pentingnya Prius bagi Toyota, generasi terbaru mobil ini dibuat dengan performa sesempurna mungkin, salah satunya adalah dalam efisiensi penggunaan bahan bakar. Lentz mengungkapkan bahwa Prius baru nantinya memiliki konsumsi bahan bakar hanya sebesar 50 m.p.g atau sekitar 5,6 liter per 100 kilometer.

Penasaran dengan tampilan Toyota Prius baru ini, Brava Listeners? Tunggu saja kehadirannya tahun depan.

[Teks: @moeha | Foto: Toyota]

Share it