Uni Eropa Investasi Satu Miliar Euro Untuk Fasilitas Digital

55

Pada saat sesi Pleno anggota Parlemen Eropa memutuskan untuk mendukung proyek digital dari Fasilitas Penghubungan Eropa (CEF-Connecting Europe Facility) yang sebelumnya pada 2011, diusulkan oleh Komisi untuk meningkatkan jaringan transportasi, energi, dan digital Eropa.

“Masalah infrastruktur digital untuk seluruh ekonomi. Jadi keputusan hari ini bukan hanya tentang telekomunikasi dan internet, ini tentang memberikan setiap sektor apa yang mereka butuhkan untuk bersaing atau memberikan pelayanan publik,” jelas Wakil Presiden Komisi Eropa, Neelie Kroes untuk Agenda Digital.

Menurut Kroes, untuk meningkatkan eko-sistem digital dalam mendukung pasar tunggal digital tanpa hambatan digital, diperlukan pemberian prioritas kepada jasa “building-block” dapat digunakan kembali di semua sektor, seperti EID, eSignature, eInvoicing dan Automated Translation, CEF Digital secara bertahap.

Sebagian besar pendanaan akan mendukung layanan digital seperti infrastruktur, platform pan-Eropa dan pelayanan publik lintas batas seperti eProcurement, eHealth, atau Data Terbuka. Hal-hal tersebut tertuang dalam proposal yang disahkan oleh Parlemen Eropa, demikian kabar yang dilansir Antara.

Share it