Wakili Asia Tenggara, Saung Angklung Udjo Tampil di Qatar Meriahkan Piala Dunia 2022

16

Sebuah kebanggaan dihadirkan oleh Saung Angklung Udjo (SAU) yang tampil mewakili Asia Tenggara di Al-Ibdaa Courtyard di Doha, Qatar, pada Jumat (18/11/2022)-Senin (28/11/2022). Saung Angklung Udjo tampil dalam rangka memeriahkan ajang Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar.

Indonesia menjadi satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang tampil di kompleks kebudayaan Katara, Qatar. Kebanyakan negara-negara yang menampilkan kesenian dan budaya ini merupakan negara-negara yang tim  sepak bolanya berlaga di Piala Dunia 2022.

“Kita terpilih dari Katara atau dari Pemerintah Qatar untuk menampilkan seni budaya negara, salah satunya Indonesia,” ujar Direktur Utama Saung Angklung Udjo Taufik Hidayat dilansir Kompas.com

“Hanya kita dari Asia Tenggara yang terpilih dengan budaya angklung, dan ada batik,” ucapnya.

Sebanyak 12 orang dari Saung Angklung Udjo diberangkatkan ke Qatar. Lagu-lagu yang dimainkan oleh Saung Angklung Udjo seperti  lagu-lagu Arab, internasional, dan Indonesia selama 1,5 jam.

Selain itu, SAU juga membawakan lagu tema Piala Dunia 2022 berjudul “Hayya hayya”. Penampilan Saung Angklung Udjo ini menampilkan iringan alat musik, tari-tarian serta nyanyi-nyanyian. Hal ini pun mendapat respon positif dari beberapa negara yang turut menyaksikan.

“Alhamdulillah apresiasi mereka itu luar biasa, bahkan kita juga diajak kolaborasi dengan (peserta dari) Ekuador karena kebetulan melihat stand kita,” katanya.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it