Wall Street Menghindari ‘Jurang Fiskal’

32

Setelah kembali terpilihnya Barack Obama sebagai presiden Amerika Serikat, isu-isu mulai menjalar mengenai keadaan ekonomi Amerika, terlebih lagi mengenai isu ‘jurang fiskal’. Melihat isu tersebut saham-saham yang berada di Wall Street pun telah melaju karena didorongnya tinggi data perumahan dan harapan dari para politikus agar dapat mencari cara lain dibandingkan harus menyetujui isu ‘jurang fiskal’ yang berhubungan dengan meningkatnya kenaikan pajak dan pemotongan anggaran di bulan Januari tahun depan. Peningkatan ini pun telah dipimpin oleh saham Apple yang pada pecan lalu telah terkoreksi tajam, kini perusahaan ini telah melompat 7,2% sampai pada US$ 563,73.

Seorang analisis dari Charles Schwab & Co. menjelaskan pada hari Selasa (20/11) bahwa dengan adanya data perumahan di Amerika Serikat yang melebihi prediksi, dan juga optimism para pembuat kebijakan yang bisa menemukan solusi akan isu jurang fiskal tersebut. Pasar saham tersebut pun telah melonjak tinggi setelah pecan lalu mengalami aksi jual.

Terlihat dari data penjualan rumah baru di Amerika Serikat dari September ke Oktober telah meningkat 2,1%. Melihat hal ini pun para pengembang perumahan optimis akan ada lagi peningkatan yang terjadi pada bulan November nanti.

Sumber: Finance.detik.com

Share it