Waspada! Kenali Tanda-Tanda Kelelahan Secara Mental

272

Kesehatan mental menjadi masalah yang belakangan ini sering kali dialami oleh sebagian orang. Apalagi, dengan adanya pandemi Covid-19 membuat masyarakat dipaksa untuk beradaptasi dengan kebiasaan yang baru.

Hal ini diperlukan perhatian serius untuk menindak lanjuti terkait masalah kesehatan mental. Terutama mengenai tanda-tanda bahwa kita sedang mengalami kondisi kelelahan mental.

Berikut kenali tanda-tanda bahwa Anda sedang berada dalam kondisi mental yang tidak stabil.

Gampang Marah

Tanda Kelelahan Secara Mental

Orang yang mengalami kelelahan mental cenderung lebih perasa. Misalkan, jika kesalahan-kesalahan kecil terjadi di sekitar, dengan mudahnya orang tersebut menjadi gampang jengkel atau marah.

Lebih Sering Cemas

Tanda Kelelahan Secara Mental

Level stress tiba-tiba meningkat daripada biasanya dalam melakukan segala hal. Bahkan, untuk hal yang kecil saja dapat menyebabkan hal tersebut menjadi besar apabila sudah mengalami kelelahan mental.

Bermasalah Dengan Jam Tidur

Tanda Kelelahan Secara Mental

Apabila Anda sering begadang atau tidak bisa tidur, kemungkinan mental Anda sedang mengalami keletihan. Hal itu dikarenakan ketika sedang beristirahat, pikiran cemas masih bekerja.

Sering Pusing dan Mual

Tanda Kelelahan Secara Mental

Salah satu tanda dari kelelahan mental ialah tiba-tiba merasa pusing atau mual. Kelalahan fisik disertai dengan kelelahan dalam berpikir dapat menyebabkan kondisi pusing secara emosional.

Mati Rasa

Tanda Kelelahan Secara Mental

Apakah Anda pernah merasakan kehilangan rasa, seperti tidak merasa sedih atau bahagia pun tidak? Lelah yang menumpuk membuat seakan mati rasa.

Beristirahatlah sejenak dari rutinitas yang membuat Anda mempunyai banyak pikiran. Atau dengan hal sederhana, dengan menarik nafas secara perlahan dan tiupkan energi positif setelahnya.

Baca Juga : Pilihan Outfit Untuk Hadiri Berbagai Acara di Akhir Pekan

Petanda-petanda bahwa Anda mengalami kelelahan mental mengingatkan diri ini bahwa kita sedang tidak baik-baik saja. Beberapa solusi bisa dilakukan seperti mendatangi psikiater atau lakukan hal positif diluar dari keseharian yang biasa Anda lakukan. Hal yang perlu ditekankan ketika sedang berada dalam kondisi mental yang tertekan adalah menyadari dengan sepenuhnya bahwa kita tidak sendiri.

Share it