Waspada MERS Untuk Wisatawan ke Timur Tengah

43

Seperti yang dilansir dari Okezone.com, diketahui sebuah virus mematikan tengah menyebar di Arab Saudi dan mungkin dapat membuat ribuan wisatawan terinfeksi. Virus tersebut bernama MERS (Middle East Respiratory Syndrome), yang menyerang pernapasan mirip virus SARS yang merebak di Asia beberapa tahun lalu. 

Kementerian Kesehatan Arab Saudi berharap dapat mencegah penyebaran virus dengan membatasi jumlah wisatawan sehingga bisa mencegah penyebaran penyakit ke daerah lain. Menurut catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus tersebut telah menewaskan 38 orang di Arab Saudi dan 45 orang di seluruh dunia. 

Hingga saat ini, WHO sendiri tidak membatasi kedatangan wisatawan ke Arab Saudi, namun telah melakukan pertemuan darurat dengan negara tersebut terkait masalah ini. Meskipun virus ini besar di Arab Saudi, namun WHO mengidentifikasi adanya kasus MERS di Yordania, Qatar, Uni Emirat Arab, Prancis, Jerman, Italia, Inggris dan Tunisia. 

Virus MERS penyebarannya juga mencapai hingga ke Eropa terutama lewat wisatawan yang sebelumnya pelesir ke Timur Tengah atau mengalami kontak dengan orang dari negara tersebut. WHO menyarankan kepada wisatawan yang berpergian ke Timur Tengah dan merasakan gejala-gejala sakit pernapasan saat berada di sana maupun saat kembali harus segera mencari pertolongan medis, demikian seperti dikutip IBTimes, Jumat (19/7/2013).

Share it