Woman On Top bersama Ratna Wirahadikusumah mengenai pengembangan bisnis McDonald’s

521
Ferdy dan Ratna

PT Rekso Nasional Food secara resmi memegang brand McDonald’s di Indonesia pada tahun 2009. Hingga sekarang sudah ada 162 outlets di negeri ini.

Dalam program Woman On Top di akhir Oktober kemarin, Ferdy Hasan kedatangan teman lamanya yang kini menjabat sebagai Director of Store Development Group PT. Rekso Nasional Food, Ratna Wirahadikusumah.

Melalui program ini, Ratna membuka cara bagaimana McDonald’s menentukan lokasi untuk membangun resto baru.

“Yang pertama kita lihat adalah areanya dulu atau kota. Sebenarnya basic sih. Mulai dari populasinya, daya belinya, sarana prasarananya, dan perkembangan kota atau areanya itu penting. Jadi kita nggak mau nih masuk area yang sudah nggak berkembang lagi.”

“Satunya lagi adalah demand generator. Siapa sih yang bakal datang ke McDonald’s. Main demand generator-nya itu kita sebut, home-shop-work, yaitu orang-orang yang tinggal di sekitarnya, orang-orang yang bekerja di sekitarnya, dan orang-orang yang berbelanja di sekitarnya, dan penting juga sekolah. Jadi semua aktivitas ada di situ.”

“Baru kemudian kita lihat di area itu mana sih lokasi yang paling baik. McDonald’s itu selalu punya istilah one thousand percent location, penting banget! Meski kita nggak selalu dapatkan itu.”

Pada tahun ini McDonald’s menargetkan akan ada 10-15 outlets baru. Dan menurut Ratna dari 162 outlets yang tersebar itu, outlet di Manado lah yang paling bagus desainnya. Mengapa, “karena lokasinya unik ya. Itu punya ocean view, kita bisa melihat Manado Tua dari situ. Dan didesain banyak tempat duduk di luar untuk melihat ocean view itu.”

Di mata Ratna, ketika ditanya untuk mengartikan bisnis dalam 3 kata, ia menjawab “Sales, profit, dan value. Setiap bisnis pasti ada sesuatu yang ingin di jual, dan dari biaya-biaya yang muncul, ingin dibuat efesien untuk mendapatkan profit. Dan dengan value, suatu bisnis dapat suistainable.”

Dengarkan siaran The Captain selanjutnya untuk mendapatkan inspirasi-inspirasi bisnis bersama Ferdy Hasan, setiap Kamis pukul 9-10 pagi WIB di 103.8 FM Brava Radio. [teks @bartno | foto Ist]

Share it