Sehat dan Rileks dengan Yin Yoga

16

Yoga telah dikenal sebagai salah satu jenis olahraga yang populer di kalangan masyarakat urban. Olahraga yang menitikberatkan pada keseimbangan antara kesehatan tubuh dan pikiran ini memiliki beberapa variasi aliran mulai dari Hatha Yoga, Vinyasa Yoga, Ashtanga Yoga, Iyengar Yoga, Bikram Yoga, Kundalini Yoga, hingga Yin Yoga.

Setiap aliran tersebut memiliki karakter yang beragam serta memberikan dampak yang berbeda pula baik pada tubuh juga kesehatan mental dan spiritual. Seperti misalnya, aliran Vinyasa Yoga atau Bikram Yoga memiliki gerakan yang lebih dinamis sehingga efektif membantu seseorang untuk mengurangi berat badan atau membentuk tubuh agar terlihat lebih fit dan toned.

Sedangkan aliran Yin Yoga (yang akan dibahas lebih lanjut di artikel ini), memiliki gerakan yang jauh lebih pasif serta menggunakan lebih banyak pendekatan meditatif bila dibandingkan dengan kedua cabang yoga tersebut di atas.

Pose (atau dalam istilah yoga disebut asana) Yin Yoga lebih banyak dilakukan di lantai dan setiap pose memiliki durasi mulai dari satu menit hingga lima menit. Itulah mengapa aliran ini tidak membakar kalori sebanyak Vinyasa Yoga maupun Bikram Yoga yang membuat tubuh berkeringat.

Oleh karena itu, ketika seseorang memutuskan untuk mulai melakukan yoga, ada baiknya ia memahami dulu apa tujuan yang ingin ia capai dengan yoga dan/atau mencoba beberapa jenis yoga hingga ia menemukan aliran yang paling sesuai dengan kebutuhannya serta yang paling ia sukai.

Aliran Yin Yoga, meskipun tidak sepopuler Bikram Yoga dan cabang yoga lain yang lebih dinamis, memiliki fungsi kesehatan yang sangat signifikan bagi tubuh manusia–baik fisik maupun mindfulness.

Tak hanya mampu membuat tubuh menjadi sehat, bugar, dan fleksibel, Yin Yoga juga terbukti dapat membantu mengurangi stres dan depresi, membuat pikiran lebih rileks dan tenang, serta mengatasi gangguan tidur (insomnia).

Berkat karakter gerakan Yin Yoga yang lambat dan berdurasi panjang (satu pose bisa bertahan hingga 20 menit bagi para yogi yang telah mahir) serta menekankan pada teknik pernapasan yang dalam dan panjang, Yin Yoga juga mampu melatih kesabaran dan mengontrol emosi. Intinya, Anda akan merasa jauh lebih rileks setelah melakukan Yin Yoga.

Berbeda dengan aliran yoga aktif yang lebih menargetkan jaringan otot, gerakan Yin Yoga justru lebih memfokuskan stimulasi pada jaringan ikat seperti ligamen, tulang, dan sendi. Jaringan ikat ini cenderung tidak ‘tersentuh’ oleh gerakan (atau asana) cabang yoga lainnya.

Selain itu, Yin Yoga juga memiliki sejumlah gerakan untuk menstimulasi titik-titik meridian atau akupuntur yang dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Sehingga, memadukan antara aliran yoga yang bersifat aktif (atau Yang) dengan Yin Yoga yang pasif akan menjadikan kegiatan exercise Anda menjadi lebih seimbang, tubuh dan pikiran pun mendapatkan hasil positif yang lebih maksimal. Mens sana in corpore sano!

Perlu diketahui pula bahwa dalam Yin Yoga, Anda akan menggunakan banyak alat bantu seperti bantal (bolster), balok, selimut, hingga tali. Alat-alat ini membantu untuk meningkatkan atau mengurangi tekanan pada area-area tertentu, memberikan support bagi tulang agar otot dapat menjadi lebih rileks, membantu mencapai posisi tertentu, dan juga membantu agar pose-pose dapat terasa lebih nyaman ketika ditahan dalam durasi yang panjang.

Karena meskipun asana dalam Yin Yoga ‘terlihat’ mudah (karena banyaknya gerakan pasif di lantai yang menyerupai tidur) namun menjaga satu posisi dalam waktu yang panjang akan menjadi tantangan tersediri bagi tiap orang. Sehingga kehadiran properti-properti tersebut akan sangat membantu.

Menarik bukan? Bagi Anda yang berminat untuk mencoba mempraktikkan Yin Yoga, Bazaar merangkum sejumlah studio yoga yang menawarkan kelas Yin Yoga di wilayah Jakarta dan Bali. Berikut rekomendasi kami:

Union Yoga
JL. Wijaya II No.73 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telp: 021 722 0146

Kanika Studio
Jl. Kemang Timur Raya No. 72, Jakarta Selatan 12730
Telp: 0878 7838 5353

Real Yoga
Jl. Sultan Iskandar Muda No. 99C, Gandaria Utara, Jakarta Selatan
Telp: 021 7241940

The Practice
Jl. Batu Bolong #94A, Canggu, Bali
Telp: 0812 3670 2160

The Yoga Barn
Jln. Raya Pengoseken Ubud, Gianyar, Bali
Telp: 0361 971 236

Power of Now Oasis
Jl. Merta Sari, Sanur, Bali
Telp: 0878 6153 4535

(Foto: Aleksandr Davydov ©123RF.com)

Source: Harpers Bazaar Indonesia

Share it