5 Destinasi Wisata di Pulau Sumba Yang Wajib Dikunjungi!

89

Pulau Sumba terkenal dengan pulau yang eksotis dan memiliki daya tarik wisata. Pulau Sumba ini memiliki bentang alamnya yang hijau dan sangat asri. Pulau Sumba merupakan salah satu destinasi wisata yang ramai pengunjung, apalagi di musim liburan.

Pulau ini terletak di wilayah administratif Provinsi Nusa Tenggara Timur. Terdapat 4 kabupaten di pulau ini, di antaranya Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur. 

Pulau Sumba bisa ditempuh dengan pesawat, bisa melalui Bandara Tambolaka di Kabupaten Sumba Barat Daya menuju ke Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali atau Bandara El Tari di Kupang. Perjalanan ditempuh dalam waktu 1 jam 25 menit.

Berikut 5 destinasi wisata di Pulau Sumba yang wajib dikunjungi!

  • Laguna Weekuri

5 Destinasi Wisata di Pulau Sumba Yang Wajib Dikunjungi!

Laguna Weekuri ini merupakan salah satu wisata di Sumba karena memiliki pemandangan alam yang indah. Dengan air yang jernih berwarna biru kehijauan dan berlokasi di pinggir laut bisa menjadi sarana terbaik untuk liburan.

Laguna Weekuri terletak di Desa Kelana Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat.

  • Pantai Laipori

5 Destinasi Wisata di Pulau Sumba Yang Wajib Dikunjungi!

Pantai Laipori menawarkan pasir putih yang halus, air laut yang bening, serta pemandangan yang menakjubkan. Di sana, pengunjung juga bisa menemukan telaga di antara hutan cemara. Keindahan alam di Pantai Laipori mampu memberikan ketenangan bagi hati dan pikiran.

Pantai ini terletak di Desa Laipori, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya.

  • Air Terjun Week Acura

5 Destinasi Wisata di Pulau Sumba Yang Wajib Dikunjungi!

Air Terjun Week Acura terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya. Week Acura adalah air terjun bertingkat yang berada di tengah sawah. Aliran air di Week Acura berasal dari mata air kelosembilan yang terletak cukup dekat dengan air terjun ini. Untuk mencapai Air Terjun Week Acura, kamu harus melakukan perjalanan darat sekitar 40 menit. Yang menarik, masuk ke tempat wisata ini tidak dikenakan biaya apa pun.

Air Terjun Week Acura dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun dan pemandangan sawah, menciptakan pemandangan yang menyejukkan mata. Selain bebas dari sampah, tempat wisata ini juga memiliki air yang jernih dengan warna kehijauan, membuat siapa pun ingin langsung menceburkan diri ke dalam kolamnya.

  • Bukit Ndapayami

5 Destinasi Wisata di Pulau Sumba Yang Wajib Dikunjungi!

Bukit Ndapayami adalah salah satu bukit tertinggi di Sumba, terletak di Desa Umalulu, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur. Dengan ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut, Bukit Ndapayami cocok untuk wisatawan yang menyukai kegiatan hiking.

Selain itu, dari puncak Bukit Ndapayami, pengunjung bisa menikmati pemandangan laut, perbukitan, dan desa-desa yang menawan.

  • Desa Adat Ratenggaro

5 Destinasi Wisata di Pulau Sumba Yang Wajib Dikunjungi!

Desa Adat Ratenggaro terletak di Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten sumba Barat Daya, NTT. Desa adat ini terbuka 24 jam setiap hari bagi wisatawan .Desa ini berjarak 56 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari Tambolaka, ibukota Sumba Barat Daya.

Desa adat ini memiliki daya tarik bagi wisatawan, karena memiliki lokasi di dekat pantai dan arsitektur yang unik.

Rumah adat ini berbentuk rumah panggung dengan atap yang menjulang tinggi, yang mencerminkan dengan kepercayaan masyarakat setempat, yakni Marrapu.  Marrapu adalah kepercayaan yang berfokus pada pemujaan leluhur, yang masih sangat dihormati di desa ini. 

Menara atap yang menjulang tinggi tidak hanya menunjukkan status sosial, tetapi juga menjadi simbol penghormatan kepada arwah leluhur. Sehingga rumah di desa ini tidak hanya menjadi tempat tinggal, tetapi juga berfungsi sebagai sarana pemujaan.