Masukan daftar 6 objek wisata ini jika berlibur ke Athena

13

Musim panas telah tiba! Apabila Anda tengah merencanakan liburan di Eropa, negeri Yunani bisa menjadi destinasi yang lain daripada yang lain. Selain terkenal akan pulau-pulaunya yang indah, ibu kotanya yaitu Athena juga menawarkan sudut pandang berbeda bagi Anda yang mengaku sebagai penggemar traveling.

Tak hanya puing reruntuhan semata, kota ini juga memiliki sentra berbelanja yang unik hingga deretan restoran dengan sedapnya hidangan khas. Penasaran? Simak panduan berikut ini.

1. Parthenon

Tentu saja, kunjungan Anda ke Yunani tak akan terasa lengkap tanpa menyambangi kuil legendaris yang satu ini. Meski telah hancur sebagian, namun kemegahannya masih begitu terasa. Tip Bazaar, datanglah ke Parthenon menjelang terbenamnya matahari dan bersiaplah terpukau oleh pesona senja yang sulit tertandingi!

2. Acropolis Museum

View this post on Instagram

Light Box

A post shared by @ mrcntn on

Museum yang dirancang oleh arsitek terkenal Bernard Tschumi ini pastinya tak boleh Anda lewatkan begitu saja. Tak hanya memiliki eksterior yang memukau, museum ini pun ditunjang oleh tata ruang yang sangat bagus. Ada pula jasa pemandu tur untuk menjelaskan Anda mengenai peninggalan bersejarah yang masih tersimpan rapi di sana. Sebelum pulang, jangan lupa untuk menonton film dokumenter yang disediakan.

3. Plaka

Sebagai salah satu situs historis di Athena, Plaka memang sangat menyenangkan untuk dijelajahi. Kawasan ini merupakan rumah bagi deretan kafetaria dan toko-toko yang menjajakan macam-macam cinderamata.

Selain menikmati sajian kuliner khas daerah setempat, di sini Anda bisa memborong oleh-oleh untuk dibawa pulang dan diberikan kepada para kerabat.

Salah satu suvenir yang tergolong unik adalah berbagai kerajinan tangan dari kayu zaitun. Selain itu, ada pula tas kulit buatan lokal, tekstil, dan aneka perhiasan dengan desain yang menarik.

4. Mount Lycabettus

Ingin menikmati pemandangan ibu kota Yunani ini dari atas? Jawabannya ada di sini. Bukit yang menjulang hingga kira-kira 277 meter ini ialah titik tertinggi di Athena dan tentunya merupakan bagian penting dari kota ini. Untuk bisa mencapai puncak gunung Lycabettus, Anda tak perlu capai-capai mendaki.

Alih-alih, Anda bisa menaiki sarana cable car yaitu semacam kereta dari dan menuju terminal yang sudah disediakan. Selain lebih cepat dan relatif nyaman, harga tiketnya pun tergolong murah. Sesampainya di atas, bukan cuma lanskap urban saja yang bisa Anda nikmati.

Ada pula restoran di mana Anda bisa menyantap makan malam romantis dan sebuah teater terbuka. Kabarnya, artis seperti Bob Dylan, Vanessa Mae, Placebo, Tracy Chapman, Scorpions, Pet Shop Boys, dan bahkan hingga Radiohead pernah unjuk gigi di Lycabettus Theatre tersebut.

5. Monastiraki

Distrik ini dianggap sebagai salah satu sentra berbelanja utama di kota ini. Selain sangat strategis karena berada di pusat kota dan bisa dijangkau oleh kendaraan umum, pasar ini juga kerap memperbolehkan pengunjung untuk menawar harga barang yang akan dibeli.

Di sini, Anda bisa menemukan berbagai benda antik yang layak untuk dikoleksi. Sebut saja koin kuno, beragam pecah belah, barang-barang lawas yang bisa dijadikan elemen dekoratif, serta macam-macam pernak-pernik lainnya.

6. Syntagma Square

Terletak di jantung Athena, tempat ini memang pantas apabila disebut sebagai alun-alun kota. Atmosfernya yang teduh seolah mempersilakan Anda untuk bersantai seharian di sana ataupun sekadar duduk-duduk sejenak sambil menikmati pemandangan urban di sekitar.

Apalagi tak jauh dari sini, terdapat pula Old Royal Palace yang tak kalah menariknya. Nota bene, bangunan ini sebetulnya kini berfungsi sebagai gedung parlemen Yunani. Di luarnya, masyarakat luas dipersilakan untuk menonton pergantian serdadu setiap sejam sekali selama seharian penuh.

Jangan khawatir, Anda tak akan ditarik biaya sepeser pun untuk menyaksikannya. Meski lokasi bersangkutan akan cukup ramai dengan para turis yang mengerumuninya, Anda pasti masih bisa mengagumi tradisi ini dari dekat. Jadi, jangan sampai lupa mengabadikan momen ini dengan kamera kesayangan Anda!

(Foto:  Anna Ivanova©123RF, Courtesy of Instagram)

Source: Harpers Bazaar Indonesia

Share it