3 Alasan Berat Badan Naik di Bulan Puasa

49
Inilah Bisnis Orang Terkaya Termuda di Dunia yang Baru Berusia 19 Tahun

Beberapa orang kerap kali mengalami kenaikan berat badan di bulan puasa padahal sudah menahan nafsu makan dan minum selama seharian. Ternyata ada beberapa alasan mengenai berat badan naik di bulan puasa. Kali ini Brava Radio rangkum ke dalam 3 alasan berat badan naik di bulan puasa.

1. Makan terlalu banyak saat berbuka puasa

Melansir dari Pop Sugar, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa puasa dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, tetapi bisa berlaku sebaliknya. Ahli gizi bersertifikat NASM, Whitney English Tabaie, mengatakan bahwa jika kita makan berlebihan selama buka puasa bisa berpotensi menaikan berat badan.

3 Alasan Berat Badan Naik di Bulan Puasa

Hal itu terjadi karena jumlah asupan kalori sehari saat buka puasa sama besarnya atau bahkan lebih besar dari hari biasa, maka yang terjadi adalah berat badan naik. Buka puasa juga yang tidak dikontrol bisa jadi “pesta makan berlebihan” akibat nafsu makan tinggi dan efeknya bertolak belakang dengan upaya penurunan berat badan.

2. Kurangnya asupan nutrisi

Seorang ahli diet bernama Leslie Langevin mengatakan bahwa jika asupan nutrisi pada saan buka dan sahur tidak terpenuhi, makan akan berpotensi makan berlebihan saat berbuka puasa. Selama siklus ini terjadi pada bulan Ramadhan, maka dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

3 Alasan Berat Badan Naik di Bulan Puasa

Mengutip buku “Resep Praktis; Sehat dan Fit Selama Berpuasa” (2016) oleh Yunita Indah Prasetyaningrum, SGz, MPH, makan sahur mencukupi 40 persen kebutuhan energi kita saat menjalankan puasa. Sehingga saat makan sahur pilih makanan yang dicerna tubuh dalam waktu lama atau yaitu karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks, contohnya: Biji-bijian utuh, buah kaya serat sayuran kaya serat. Sementara sebanyak 60 persen kebutuhan energi tubuh ahrus dipenuhi dari makanan saat buka puasa. Saat buka puasa kita perlu mengkonsumsi karbohidrat sederhana yang mengandung nutrisi, seperti kurma.

3. Terlalu banyak makan gula

Berbuka puasa maupun sahur dengan makanan manis dan karbohidrat olahan, seperti pasta, roti, pemanis, dan makanan penutup berlebihan dapat meningkatkan kadar insulin. Jason Fung penulis The Complete Guide to Fasting mengatakan ketika kadar insulin tinggi, itu mengisyaratkan tubuh kita untuk menyimpan lemak, yang dapat menyebabkan berat badan naik.

3 Alasan Berat Badan Naik di Bulan Puasa

Saat banyak makan gula dapat meningkatkan kadar insulin yang bisa memblokir leptin, yaitu hormon untuk memberi sinyal ke tubuh bahwa kita sudah kenyang. Jika otak kita tidak mendapatkan pesan bahwa kita sudah cukup makan, itu akan memberi sinyal ke tubuh kita untuk terus makan.

Baca Juga: Inilah Bisnis Orang Terkaya Termuda di Dunia yang Baru Berusia 19 Tahun

Itu dia alasan mengapa ada sebagian orang yang justru mengalami kenaikan berat badan saat puasa.

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it