4 Manfaat Makan Pakai Tangan dengan Alasan Kesehatan

67
4 Manfaat Makan Pakai Tangan dengan Alasan Kesehatan

Bagi orang Indonesia tentunya sangat lazim makan dengan menggunakan tangan. Meskipun kerap dibilang jorok, namun siapa sangka ternyata makan dengan menggunakan tangan banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Terdapat kepuasan tersendiri makan dengan menggunakan tangan dibandingkan dengan alat makan. Terlebih, makanan yang dimakan seperti nasi padang, yang kebanyakan lebih cocok dimakan menggunakan tangan.

4 Manfaat Makan Pakai Tangan dengan Alasan Kesehatan

Banyak penelitian yang menjelaskan manfaat dari makan memakai tangan. Berikut ini sejumlah manfaat dari makan dengan menggunakan tangan bagi kesehatan.

Melancarkan Pencernaan

Dikutip dari Parenting Firstcy, ternyata makan dengan menggunakan tangan dapat melancarkan sistem pencernaan. Dalam penjelasannya, jari-jari tangan yang digunakan oleh tangan dapat memberikan sinyal  kepada otak saat sedang makan.

Pesan dari ujung saraf jari diteruskan ke perut agar segera menyiapkan sistem pencernaan. Hal ini direspons ileh organ pencernaan dengan melepaskan enzim dan cairan pencernaan. Tubuh pun siap untuk mencerna makanan yang akan masuk ke mulut serta proses dapat berjalan lebih lancar.

Menjaga Berat Badan

Mungkin jika dilihat antara makan menggunakan alat makan dengan pakai tangan, tidak ada sangkut pautnya dengan asupan makan yang masuk dalam perut. Namun ternyata, makan dengan menggunakan tangan cenderung lebih sedikit atau tidak berlebihan dan menyantapnya pun lebih tidak terburu-buru.

Dilansir dari NDTV, penelitian yang diterbitkan di jurnal Appetite menyebutkan bahwa makan dengan menggunakan tangan dapat meningkatkan rasa kenyang dibanding makan dengan peralatan makan. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk Anda yang sedang menjaga berat badan.

Mencegah Diabetes

Studi yang diterbitkan di Clinical Nutrition, mengatakan jika makan menggunakan sendiri dapat menimbulkan gula darah menjadi mudah naik. Hal ini dikarenakan makan memakai peralatan makan cenderung lebih tergesa-gesa saat menghabiskan makanan.

Penderita diabetes tipe 2 sering kali terburu-buru dalam menghabiskan makanan ketika memakai peralatan makan.

Mencegah Bahaya Makanan Panas

Makanan panas akan terasa jika kita menyantapnya dengan memakai tangan dibandingkan dengan alat makan. Hal ini sangat bermanfaat guna menghindari makanan panas yang akan masuk ke dalam mulut.

Tangan bisa dijadikan sebagai pendeteksi suhu makanan yang akan masuk ke mulut. Diketahui, mengkonsumsi makanan panas dapat menyebabkan kanker tenggorokan hingga dapat membahayakan lambung.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it