4 Tips Kurangi Berat Badan Selepas Lebaran

29

Selepas momen lebaran biasanya kebanyakan orang mengalami penambahan berat badan dikarenakan mengkonsumsi makanan berlebihan. Kebiasaan ini seharusnya segera dihindari dengan mencoba melakukan diet.

Lebaran tidak lengkap rasanya tanpa ditemani dengan ketupat, rendang, cemilan manis-manis hingga opor ayam. Namun, mengkonsumsi makanan tersebut justru membuat berat badan semakin naik ketika selepas lebaran.

Hal ini pun ditakutkan terus berlanjut hingga membuat segala makanan yang dikonsumsi oleh perut menjadi tidak terkontrol. Berikut ini tips diet bagi Brava Listeners yang ingin menurunkan berat badan setelah lebaran:

Defisit Kalori

Mulailah kurangi jumlah porsi makan harian Anda dari biasanya. Biasanya pria membutuhkan kalori sebanyak 1.500-1.800 kalori, sementara wanita sekitar 1.200-1.500 kalori.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gizi mengenai menu yang cocok untuk melakukan defisit kalori. Hal yang terpenting adalah jangan sampai kalori harian Anda melebihi dari jumlah kalori rata-rata yang Anda perlukan per harinya.

Hindari Makan Kue Lebaran

Hal yang sulit dihindari ketika momen lebaran adalah memakan kue lebaran yang selalu tersaji di meja makan atau ruang tamu. Sebaiknya, selepas lebaran Anda harus sudah mulai batasi mengkonsumsi kue lebaran.

Apabila Anda suka menyemil, sebaiknya pilihlah camilan yang sehat. Diantaranya camilan sehat yang bisa Anda pilih seperti yogurt, salad buah, oatmeal, atau popcorn tanpa rasa.

Minum Teh Hijau

Menurut penelitian teh hijau dapat menurunkan berat badan 0,2-3,5 kg dalam selama 3 minggu. Anda dapat mengkonsumsi teh hijau setiap pagi.

Selain itu, teh hijau juga dapat berfungsi sebagai kesehatan seperti menstabilkan tekanan darah serta mengurangi risiko seseorang terkena penyakit, jantung, diabetes dan kanker jenis tertentu.

Olahraga

Tidak dipungkiri, selain menjadi porsi makan, olahraga juga sangat diperlukan untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Anda bisa melakukan olahraga-olahraga ringan yang mampu membakar kalori lebih besar.

Olahraga seperti berenang, bersepeda hingga lompat tali dapat menjadi acuan bagi Anda yang sedang ingin diet. Faktanya, satu jam melakukan lompat tali dapat membakar hingga 850 kalori. Gerakan lompat tali tidak membutuhkan lompatan yang tinggi. Lompatan kecil saja seharusnya sudah cukup.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it