5 Aktivitas sederhana yang dapat membakar kalori

1046

Jika Anda memang sedang tak mempunyai cukup waktu, tak perlu memaksakan diri untuk melakukan olahraga-olahraga berat. Ternyata, banyak aktivitas fisik sederhana yang tanpa Anda sadari dapat membakar kalori dalam jumlah yang signifikan.

Yang terpenting, keseimbangan energinya negatif. Artinya, kalori yang masuk lebih kecil dibandingkan dengan yang keluar. Jika kalori yang masuk tidak begitu banyak, aktivitas ringan pun dapat membakarnya dalam jumlah yang signifikan,” ujar dr. Rachmad Wishnu Hidayat, Sp. KO, dokter spesialis olahraga di Sports Medicine Center RS Jakarta. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Joging

Memang, cara paling efektif untuk membakar lemak ialah dengan berlari, salah satunya joging di pagi hari saat perut kosong/sebelum sarapan (boleh minum).

Joging di pagi hari juga memiliki keuntungan yaitu motivasi lebih tinggi dan pikiran belum terbebani oleh pekerjaan, sehingga dapat melakukan joging dengan durasi lama 60 – 90 menit yang artinya pembakaran kalori juga akan lebih banyak daripada sekedar 30 – 40 menit. Dalam 1 jam, kalori yang terbakar dari joging dapat mencapai 500 – 700 kcal.

2. Naik Tangga

Ruang kantor Anda berada di lantai 10? Beruntunglah Anda! Menggunakan tangga dibandingkan lift menjadi salah satu kegiatan yang dapat membakar kalori saat di kantor. Naik-turun tangga selama 30 menit. misalnya, akan membakar 140 – 308 kcal. Angka ini tergantung pada kecepatan langkah Anda.

3. Berjalan (saat di kantor)

Mungkin, ini terdengar sepele bagi Anda. Namun, inilah salah satu kegiatan yang membuat Anda beranjak dari kursi dan menggerakkan tubuh Anda. Usahakan untuk tidak meminta office boy untuk membantu Anda.

Beranjak dari kursi, lalu berjalan 2 – 3 km/jam, berdiri menunggu hasil photocopy dan kemudian kembali ke kursi Anda bisa membakar kalori sebanyak 63 kcal per 30 menit. Anda juga dapat melakukan push up saat menunggu hasil photocopy untuk memaksimalkan pembakaran kalori di dalam tubuh Anda.

4. Presentasi

Seringkali pekerjaan kita mengharuskan kita melakukan presentasi untuk klien. Hal ini juga merupakan kegiatan yang membutuhkan energi tentunya.

Presentasi seringkali memaksa kita untuk berdiri, terkadang diselingi duduk selama waktu tertentu. Namun dalam konteks membakar kalori, selama satu jam Anda berdiri sambil berbicara dapat membakar kalori 210 kcal.

5. Bersepeda

Ayo, kembali gowes sepeda ke kantor! Nilai plus dari membiasakan bersepeda saat pergi maupun pulang kantor ialah meningkatkan ketahanan jantung. Di sisi lain, intensitas kecepatannya harus sedang, minimal 12-14 mph (mile per hour), sehingga kalori yang terbakar ialah 560 kcal per jam.

*) Penghitungan kalori di atas dihitung berdasarkan berat badan 70 kg. Apabila seseorang berat badannya lebih rendah dari 70 kg, maka jumlah kalori yang dihasilkan akan lebih kecil, sedangkan apabila seseorang berat badannya lebih besar dari 70 kg, kalori yang dihasilkan akan lebih besar.

[sumber Fitness For Men Indonesia]

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio melalui streaming di sini atau download melalui iOS dan Google Play Store.

Baca juga:
Tujuan belanja paling bergengsi di dunia
Ayana MidPlaza hadirkan afternoon tea
7 Sky bar tertinggi di Asia

Share it