5 buah yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa

3523

Saat puasa, lebih dari 13 jam tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi. Sehingga tubuh kekurangan banyak mineral dan vitamin yang dapat menjaga tubuh tetap bugar.

Maka dari itu, mengonsumsi buah sangat berguna untuk menjaga kesehatan selama puasa. Di antara sekian banyak buah, berikut 5 buah yang baik dikonsumsi saat buka puasa.

1. Kurma
Buah yang selalu hadir di bulan puasa ini ternyata memang sangat baik untuk dikonsumsi. Kurma mengandung gula monosakrida yang mudah untuk dicerna oleh tubuh.

Penyerapan gula kurma membutuhkan waktu 45-60 menit, lebih cepat bila dibandingkan waktu penyerapan gula nasi yang membutuhkan waktu berjam-jam. Karena itu, konsumsi kurma saat berbuka puasa dapat menyuplai asupan energi lebih cepat.

Kurma juga dapat membantu mengontrol makan berlebihan saat berbuka, mengaktifkan kembali sistem pencernaan, mencegah sembelit lewat serat dan asam aminonya, pun membantu menyeimbangkan tingkat keasaman darah.

2. Semangka
kandungan air dan elektrolitnya sebanyak 92%, sehingga baik bagi tubuh dalam mengembalikan hilangnya cairan dan elektrolit selama puasa.

Semangka juga kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral, sehingga mampu mencegah beberapa penyakit seperti, jantung dan kanker prostat. Buah ini juga baik untuk regenerasi sel kulit dan menyehatkan rambut.

Share it