5 Cara Mencegah Microsleep Akibat Kebanyakan Begadang

54
5 Cara Mencegah Microsleep Akibat Kebanyakan Begadang

Berlangsungnya Piala Dunia 2022 membuat waktu tidur seseorang terganggu Brava Listeners. Pasalnya kick off pertandingan dimulai jam sepuluh malam hingga dini hari.

Kekurangan jam tidur bsia mengakibatkan rasa lelah, mengantuk sepanjang hari,dan sering menguap, tetapi juga dapat membuat tubuh berisiko mengalami microsleep. Idealnya, waktu tidur malam ideal yang dibutuhkan seseorang berkisar 7-9 jam, namun saat nonton bola, otomatis waktu tidur bakal berkurang.

5 Cara Mencegah Microsleep Akibat Kebanyakan Begadang

Microsleep adalah hilangnya kesadaran dalam waktu singkat atau beberapa detik. Microsleep mencakup kesulitan atau hilangnya fokus,tidak mampu melakukan percakapan yang serius karena sulit memproses pembicaraan,mudah melupakan kejadian yang baru terjadi sesaat sebelumnya, hingga berkurangnya kontrol terhadap postur tubuh.

Lantas, bagaimana mencegah microsleep agar tubuh tetap sehat, produktif, dan pekerjaan tetap lancar?

Hidrasi sepanjang hari

Menjaga hidrasi berarti memastikan tubuh mendapat cukup asupan cairan harian. Untuk mencukupinya, pastikan Anda mengonsumsi 8-10 gelas air putih dalam sehari. Hal ini akan membuat tubuh tetap segar, tidak mudah lelah, dan fungsi otak pun dapat berjalan dengan baik, sehingga bisa tetap fokus beraktivitas.

Kurangin minum kopi dan alkohol

Tidak dianjurkan meminum kopi dan alkohol berlebih saat bedagang. Jika diminum berlebihan, kafein dalam kopi justru dapat membuat sulit tidur dan beristirahat, sehingga berujung lebih mudah merasa lelah.

Olahraga ringan

Agar tetap berstamina dan penuh semangat, sebelum memulai aktivitas pagi, lakukan olahraga ringan,seperti jalan pagi dan stretching. Supaya tubuh lebih sehat, lakukan olahraga ringan di bawah sinar matahari dan udara segar. Namun ingat ada baiknya untuk istirahat terlebih dulu sebelum olahraga.

Hindari konsumsi gula berlebih

Hindari makanan yang banyak mengandung gula,seperti permen, makanan cepat saji,soda, dan minuman kemasan lainnya. Siapkan camilan sehat sebelum menonton pertandingan seperti buah,low fat yogurt, salad, kacang-kacangan, edamame rebus, atau smoothies sehat tanpa tambahan gula atau perasa.

Konsumsi suplemen multivitamin

Anda juga dapat mengonsumsi suplemen multivitamin untuk menjaga imunitas dan stamina tetap optimal Brava Listeners!

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it