5 Dokumenter yang dapat Anda tonton tentang kondisi Bumi

32
Selamat hari bumi

Selamat Hari Bumi! Yup, tanggal 22 April adalah Hari Bumi sedunia. Sayangnya, Bumi kita saat ini sedang mengalami kondisi yang buruk. Banyak binatang yang terancam punah, hutan semakin menipis, terumbu karang semakin rusak, dan berbagai kerusakan alam lainnya kerap terjadi.

Agar Anda semakin sadar akan kondisi Bumi saat ini, berikut adalah pilihan dokumenter di Netflix yang patut ditonton. Yuk, rayakan Hari Bumi tahun ini dengan menambah wawasan. Simak rekomendasi berikut!

1. Mission Blue (2014)

Film ini mengikuti kehidupan Dr. Sylvia Earle, seorang ahli biologi kelautan dan aktivis lingkungan, dan bagaimana kegemarannya terhadap lautan mendorongnya untuk membuat ‘Mission Blue’, program yang bertujuan untuk memperbanyak kawasan perlindungan laut.

2. Our Planet (2019)

Serial Netflix yang terdiri dari delapan episode ini akan membawamu menjelajah berbagai belahan dunia untuk melihat keindahan alam yang masih tersisa.

Dinarasikan oleh David Attenborough, presenter Inggris ternama, Our Planet ingin menyampaikan betapa perilaku manusia telah merusak alam dan menghimbau para penonton untuk menjaga binatang, hutan, terumbu karang, lautan, dan gletser yang masih ada.

Lebih dari 600 orang menjadi bagian dari pembuatan serial ini, dan masa produksinya memakan waktu kurang lebih empat tahun.

3. Chasing Ice (2012)

Film dokumenter ini menyorot perjalanan fotografer James Balog dan timnya yang ingin menunjukkan efek perubahan iklim terhadap gletser Jakobshavn di Greenland.

Penemuan yang ditunjukkan dokumenter ini akan membuatmu semakin sadar akan dampak-dampak buruk perubahan iklim terhadap ekosistem di Bumi.

4. Chasing Coral (2017)

Akibat perubahan iklim yang menaikkan suhu perairan, terumbu karang mengalami stres dan pemutihan karang yang mempengaruhi ekosistem laut. Melalui Chasing Coral, sebuah tim yang terdiri dari fotografer, penyelam, dan ilmuwan menjelajah lautan untuk menganalisa kerusakan terumbu karang.

5. A Plastic Ocean (2013)

Tanpa sadar, plastik yang kita gunakan sehari-hari akan berakhir di tempat pembuangan sampah, tapi setelah itu, akan kemanakah sampah-sampah tersebut?

A Plastic Ocean menunjukkan sampah dan polusi yang telah mencemari lautan di Bumi, serta bagaimana pencemaran ini juga mengancam kehidupan satwa.

(Shamira Natanagara / ed. / Image: Netflix)

Sumber artikel Cosmopolitan Indonesia

Share it