5 Makanan yang Bisa Membuat Awet Muda

48

Memilih makanan yang tepat menjadi faktor krusial dalam menjaga kesehatan tubuh, serta dapat menjadi bentuk perlawanan terhadap tanda-tanda penuaan pada kulit.

Kulit yang tampak bercahaya menjadi bukti penghargaan tubuh terhadap asupan makanan nutrisi yang dipilih dengan baik.

Inilah beberapa jenis makanan anti-penuaan terbaik yang perlu dikonsumsi agar penampilan tetap terjaga awet muda:

1. Brokoli

Ini 9 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui
https://www.halodoc.com/artikel/ini-9-manfaat-brokoli-untuk-kesehatan-yang-perlu-diketahui

Makanan untuk membantu agar awet muda selanjutnya adalah brokoli. Sayuran satu ini mengandung senyawa sulforaphane yang membantu mempertahankan elasitisitas kulit.

Karena itu, mengonsumsi brokoli bisa membuat kulit tampak elastis dan mencegah keriput.

Baca Juga: Musim Dingin Tiba! Inilah 5 Destinasi Wisata Terbaik untuk Ski di Asia

2. Telur Rebus

Ragam Manfaat Telur Rebus dan Goreng yang Belum Ibu Ketahui
https://www.ibudanbalita.com/artikel/manfaat-telur-rebus-dan-goreng-bagaimana-nutrisinya

Telur mengandung sejumlah besar nutrisi yang vital untuk menangkal penuaan dan merawat kesehatan saat memasuki usia senja.

Kandungan protein tinggi dalam telur berfungsi untuk memperbaiki serta menjaga keutuhan jaringan tubuh. Untuk menjaga kesan muda, disarankan untuk mengonsumsi dua butir telur rebus.

Akan tetapi, disarankan untuk menghindari menggoreng telur guna mengurangi potensi peningkatan kadar kolesterol dan lemak jenuh.

3. Ikan

7 Manfaat Kesehatan Makan Ikan Mentah jika Prosesnya Layak dan Bersih
https://www.idntimes.com/health/fitness/izza-namira-1/manfaat-kesehatan-makan-ikan-mentah

Sederet penelitian menunjukkan, ikan berlemak mengandung omega-3 yang dapat memelihara kesehatan kulit, mengurangi peradangan, dan mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Ikan berlemak juga kaya akan selenium, mineral yang berperan untuk memperbaiki DNA dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV.

4. Dark Chocolate

Chocolate bar - Wikipedia
https://en.wikipedia.org/wiki/Chocolate_bar

Coklat hitam adalah sumber polifenol yang berperan sebagai antioksidan tubuh serta menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan penurunan kognitif seiring pertambahan usia.

5. Pepaya

Pepaya California, Asal Usul Hingga Manfaatnya - MSMB Indonesia | Smart  Farming
https://msmbindonesia.com/pepaya-california-morefruit/

Buah lezat ini kaya akan berbagai antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kekenyalan kulit dan meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan. Pepaya juga mengandung vitamin A, C, K, dan E, kalsium, kalium, magnesium, fosfor dan vitamin B.

Beragam antioksidan dalam pepaya membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan dapat menunda tanda-tanda penuaan. Pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain, yang memberikan manfaat anti-penuaan tambahan dengan bekerja sebagai salah satu agen anti-inflamasi alami terbaik.