Teknologi Mekari Talenta Perkuat Transformasi Digital Human Resources (HR) di 2024

81

Transformasi digital human resources (HR) akan semakin menentukan tingkat pertumbuhan perusahaan di 2024, sebab teknologi akan memperkuat kemampuan perusahaan untuk merekrut, mempertahankan, dan memberdayakan sumber daya manusia (SDM) yang bertalenta untuk menjalankan bisnis.

Dengan adanya digitalisasi ini, muncul harapan bahwa seluruh pegiat HR bisa mulai melakukan efisiensi terhadap waktu dan tenaganya. Namun, digitalisasi ini ternyata tidak selalu berpihak pada HR. Justru, fenomena tersebut juga bisa menimbulkan keresahan dan tantangan baru yang sulit untuk dihadapi.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia sudah mengemukakan bahwa kehadiran SDM yang handal akan berdampak besar bagi produktivitas dan inovasi, bahkan di level pertumbuhan ekonomi nasional.

Stevens Jethefer, Head of Business Mekari Talenta mengatakan bahwa setiap perusahaan membutuhkan talenta-talenta yang mahir dan produktif dalam membantu bisnis memenangkan kompetisi pasar.

Baca Juga: Melihat Laut yang Indah, Inilah 5 Pantai Terbaik di Dunia

Mekari Talenta adalah solusi HR berbasis awan dari Mekari, perusahaan software-as-a-service (SaaS) terdepan di Indonesia, yang meningkatkan otomasi dan efisiensi proses HR. Mekari Talenta menawarkan rangkaian luas layanan dan fitur yang memperlancar pengaturan HR, termasuk menganalisa kebutuhan akan tenaga kerja, atau manpower planning.

“Di sinilah peran strategis human resource department (HRD) karena mereka yang bertugas untuk merekrut, meretensi, dan mengembangkan SDM sesuai kebutuhan perusahaan. Agar bisa membangun talent pool sesuai kebutuhan unik bisnis, HRD perlu melakukan transformasi digital dengan mengadopsi solusi HR berbasis awan yang akan mendorong otomasi dan efisiensi keseluruhan proses HR,” kata Stevens.

Ia melanjutkan bahwa fleksibilitas dan skalabilitas solusi HR memudahkan adopsi teknologi oleh perusahaan, termasuk yang berada di industri konvensional, seperti sektor rill, manufaktur, dan ekspedisi.

Paham akan kebutuhan perusahaan di Indonesia, Mekari Talenta ditawarkan dalam bentuk berlangganan sehingga dapat diterapkan secara efisien dan cepat dari segi biaya dan waktu oleh perusahaan semua ukuran, mulai dari UMKM hingga large enterprise.

Salah satu perusahaan yang sudah merasakan manfaat solusi HR berbasis awan adalah Tata Logam Holding, pemanufaktur genteng metal dan baja ringan terbesar di Indonesia. Nicolas Setiabudi, Vice President Tata Logam Holding, mengatakan bahwa perusahaan mendigitalisasi sistem HR agar bisa beradaptasi dengan baik ke era digital.

Sebelum menggunakan teknologi, tim HRD di Tata Logam Holding melakukan tugas administratif, seperti mengkalkulasi gaji sesuai absensi, secara manual yang menghabiskan banyak waktu. Setelah mengadopsi teknologi, tim HRD dapat mengotomasi proses administratif yang repetitif sehingga mereka bisa mengalihkan fokus ke tugas strategis, seperti mengorganisir pelatihan karyawan.

“Solusi HR berbasis awan telah membantu kami mengelola SDM dengan lebih baik sehingga kami bisa mengejar pertumbuhan perusahaan dengan agresif,” kata Nicolas.

Ia menambahkan bahwa kustomisasi fitur memudahkan perusahaan mengatur shift karyawan sesuai dengan peran dan pola kerja masing-masing. “Tantangan yang kami hadapi sebagai perusahaan manufaktur berbeda dengan yang dihadapi perusahaan di industri lain, dan solusi HR berbasis awan bisa menampung kebutuhan unik kami,” lanjutnya.

Solusi HR berbasis awan memang dirancang agar bisa dikustomisasi dan dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan. Mekari Talenta, contohnya, dapat diintegrasikan dengan software enterprise resource planning (ERP) agar semua sistem internal berfungsi secara seamless. Mekari Talenta bahkan dapat dikontrol hingga tingkat strategic business unit (SBU) sehingga induk dan anak perusahaan bisa secara mandiri mengatur konfigurasi solusi sesuai kompleksitas bisnis masing-masing.

Teknologi Mekari Talenta Perkuat Transformasi Digital Human Resources (HR) di 2024

Selain pekerjaan administratif, solusi HR berbasis awan juga memfasilitasi pembuatan keputusan strategis berkat kemampuannya mengkonsolidasi dan menganalisa data. Misalnya, Mekari Talenta menyatukan data menyangkut tugas, absensi, dan anggaran di satu tempat sehingga memudahkan pengambilan keputusan terkait pengaturan biaya sebuah proyek, atau project costing management. Ditambah lagi, Mekari Talenta dapat mensentralisasi database kepegawaian ke satu dashboard sehingga perusahaan bisa memeriksa kondisi SDM mereka kapanpun.

Kei Muta, Head of Administration, Mitsubishi Corporation Indonesia, menambahkan bahwa salah satu keuntungan menggunakan solusi HR berbasis awan seperti Mekari Talenta adalah pembaruan berkala sehingga sistem selalu up-to-date.

Mekari Talenta diperbarui secara berkala bukan saja untuk memastikan hadirnya fitur-fitur inovatif, namun juga memfasilitasi perusahaan dan pengguna dari segi compliance, atau kepatuhan terhadap kebijakan serta peraturan pemerintah. Di awal 2024, Mekari Talenta memperbarui cara penghitungan gaji dan pajak karyawan agar perusahaan secara otomatis taat pada kebijakan tarif efektif rata-rata (TER) yang dikeluarkan pemerintah.

“Inilah alasan mengapa kami menaruh kepercayaan di Mekari, penyedia SaaS terdepan di Indonesia. Sebagai perusahaan Jepang, kami memerlukan mitra yang menyediakan layanan terpercaya dan Mekari, melalui timnya yang solid dan pembaruan sistem berkala, sangat suportif terhadap jalannya bisnis kami,” lanjut Kei.

Tidak hanya untuk perusahaan, solusi HR berbasis awan juga bermanfaat bagi karyawan. Kei menceritakan bahwa perusahaan mengadopsi solusi HR berbasis awan di tengah pandemi COVID-19 agar karyawan bisa melakukan absensi sambil work from home (WFH). Penggunaan solusi HR berbasis awan berlanjut setelah pandemi, di mana solusi tersebut kini memfasilitasi hybrid work.

“Mekari Talenta, dengan dasbor dan aplikasi ponselnya yang user-friendly, telah membantu perusahaan dan karyawan untuk mengatur jam kerja secara transparan dan fleksibel,” kata Kei.

Karyawan bisa mengunduh aplikasi ponsel Mekari Talenta untuk mengakses ke layanan mandiri, atau self-service, administrasi HR. Salah satu fitur di aplikasi Mekari Talenta adalah live attendance yang membantu karyawan melakukan absensi real-time dari manapun.

Stevens dari Mekari menambahkan bahwa Mekari Talenta dirancang sesuai dengan komitmen Mekari untuk membantu perusahaan di Indonesia bertumbuh, atau ‘Power Your Growth’.

“Dan seiring dengan evolusi transformasi digital, Mekari Talenta akan terus memperkenalkan fitur serta layanan baru sesuai teknologi terkini, termasuk artificial intelligence (AI) yang akan membawa perusahaan ke tahapan transformasi digital berikutnya,” tutupnya.