5 Negara Paling Terdampak Krisis Iklim yang Jatuhkan Korban Jiwa

73
5 Negara Paling Terdampak Krisis Iklim yang Jatuhkan Korban Jiwa

Dilaporkan suhu panas ekstrem akibat krisis iklim hingga 45 derajat celsius melanda beberapa negara dan menyebabkan banyak orang tewas di pertengahan 2023.

5 Negara Paling Terdampak Krisis Iklim yang Jatuhkan Korban Jiwa

Menurut ahli fenomena peningkatan suhu bahkan berkontribusi terhadap kebakaran hutan dan lahan di sejumlah negara. Berikut ini negara yang melaporkan korban imbas suhu panas ekstrem.

1. India

Dalam laporannya 166 orang tercatat meninggal terkait gelombang panas di Balia dan Uttar Pradesh, India, pada Juni lalu. Sebanyak 119 orang meninggal di Uttar Pradesh, sementara 47 lain di Bihar.

Hal itu karena wilayah di utara India mengalami cuaca ‘neraka’ dengan suhu mencapai 43,5 celsius, demikian dikutip AFP.

2. Meksiko

112 orang dilaporkan meninggal dunia hingga Juni tahun ini akibat gelombang panas ekstrem yang membuat warganya terkena serangan panas yang diikuti dehidrasi.

Secara rinci, ada 104 orang dilaporkan meninggal sepanjang Juni 2023 (per 25 Juni) dan delapan kematian terjadi pada laporan 14 April dan 31 Mei, sehingga totalnya menjadi 112 orang.

3. Pakistan

5 Negara Paling Terdampak Krisis Iklim yang Jatuhkan Korban Jiwa

Cuaca ekstrem di Pakistan juga menyebabkan 22 orang meninggal di Islamabad dan Mardan pada Juni lalu. Kepala Kompleks Medis Mardan, Tariq Mehmood, mengatakan hampir semua korban itu perempuan berusia 50 tahun, demikian dikutip The News.

Baca Juga: Mengungkap Makna Pendidihan Global yang Dirisaukan PBB

4. Korea

23 orang dilaporkan tewas akibat gelombang panas di Korea Selatan (Korsel). Media Korsel melaporkan 21 kematian terkait cuaca panas dari 20 Mei hingga Juli 2023. Pada Selasa, suhu di Kota Yeoju mencapai 38,4 derajat celsius.

5. Bangladesh

Gelombang panas juga memakan korban hingga 27 orang di Rangpur, Bangladesh pada Juli lalu. Pada pertengahan Juli, suhu panas di Bangladesh pernah mencapai 38,3 celsius. Angka ini merupakan yang tertinggi sejak 2010, dikutip media lokal Bangladesh.