5 Makanan Ini Perlu Dihindari Setelah Workout

293
5 Makanan Ini Perlu Dihindari Setelah Workout

Salah satu nasihat terpenting yang akan Anda dapatkan dari personal trainer dan ahli gizi adalah mengisi ulang setelah melakukan workout. Anda menguras energi tubuh dengan berolahraga yang mengakibatkan otot menjadi lelah, jadi penting untuk memperbaiki serta mengisi ulang dengan makan dalam waktu satu jam.

Namun, beberapa makanan dapat menjadi berbahaya. Menurut Nutrition Healthy Coach, Amy Wright, yang saat ini bekerja dengan restoran pan-asia sehat itsu, untuk membantu membedakan makanan yang baik dan buruk. Berikut adalah jenis makanan yang disarankan untuk dihindari setelah berolahraga:

1. Shake manis

5 Makanan Ini Perlu Dihindari Setelah Workout

“Smoothie protein adalah salah satu asupan setelah workout favorit saya karena menyehatkan tubuh dengan cepat setelah workout yang intens atau sesi angkat beban,” jelas Amy. “Namun, tidak semua bubuk protein diciptakan sama. Hati-hati dengan bubuk protein yang mengandung gula atau lebih parahnya, pemanis buatan karena mengandung bahan filler, kimia, serta bulking.

“Bubuk protein vegan-friendly favorit saya adalah Form Nutrition. Setelah workout, biasanya saya mencampurkan 2 sendok dengan pisang, 150gr stroberi, gandum utuh, susu almond unsweetened, es, dan super greens powder.”

2. Energy bars

5 Makanan Ini Perlu Dihindari Setelah Workout

“Sementara beberapa energy bars menjadi pilihan praktis saat sedang sibuk, hindari energy bars yang diproses dan mengandung banyak bahan,” saran Amy. “Aturan praktis yang baik adalah jika Anda tidak mengenali satu bahan, tubuh Anda juga tidak akan.”

Secara khusus, Amy menyarankan untuk menghindari snack bars yang mengandung pemanis buatan (seperti aspartame), gula olahan, atau kadar gula alami yang tinggi. “Alternatif lain yang ideal dapat berupa pisang atau buah beri dan kacang,” ujarnya.

3. Makanan rendah karbohidrat

5 Makanan Ini Perlu Dihindari Setelah Workout

Di saat protein dikenal sebagai esensial setelah berolahraga, karbohidrat juga menjadi bagian penting dari pemulihan post-workout. Alasannya, Amy menjelaskan: “Tubuh Anda menguras cadangan glikogen saat berolahraga dan memakan karbohidrat setelah berolahraga membantu mengembalikannya.”

Anda mungkin tidak sadar bahwa buah adalah sumber karbohidrat yang baik. Amy mengatakan bahwa stroberi, pisang, blueberry, serta kiwi adalah beberapa buah favoritnya sebagai pengisi ulang setelah berolahraga.

Ia juga menyarankan memilih ‘karbohidrat pintar’ seperti whole grains, kacang polong, buah, dan sayur, daripada karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta, atau produk tepung. “Ini akan memastikan Anda memiliki energi cukup sepanjang hari,” ucap Amy.

4. Sport drinks

5 Makanan Ini Perlu Dihindari Setelah Workout

Mungkin Anda membayangkan menggenggam minuman isotonik sambil power walking dengan legging Anda, namun Amy tidak merekomendasikan meminum sport drinks setelah berolahraga.

“Kecuali Anda atlet lari marathon profesional, saya menyarankan untuk menghindari sport drinks karena mengandung kadar gula, pemanis, atau bahan kimia yang tinggi.

“Meskipun mereka dikenal sebagai hidrasi serta pengisi elektrolit yang sempurna, minuman seperti air yang disaring, air kelapa mentah, atau smoothie protein sehat adalah pilihan baik yang tidak mengandung bahan manis yang meningkatkan gula darah serta energi zap,” jelasnya.

5. Makanan asin olahan

5 Makanan Ini Perlu Dihindari Setelah Workout

“Menginginkan makanan asin setelah berolahraga merupakan hal yang umum, karena kita kehilangan air dan potasium melalui keringat,” ucap Amy. Tetapi, daripada memakan keripik, “memilih camilan seperti pisang merupakan opsi baik untuk mengisi kembali kadar potasium”.