5 Sayuran yang Tepat Untuk Menjaga Kesehatan Hati

145
5 Sayuran yang Tepat Untuk Menjaga Kesehatan Hati

Salah satu organ penting manusia adalah hati karena memiliki sejumlah fungsi seperti menghasilkan protein, menyimpan nutrisi, memproduksi empedu, dan berbagai fungsi penting lainnya.

Oleh karena itu, perlu adanya asupan yang tepat untuk mendukung kesehatan hati. Salah satunya adalah dengan menambah sayuran sehat yang cocok untuk hati agar organ bisa berfungsi optimal. Lantas sayuran apa yang tepat untuk menjaga kesehatan hati? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Brokoli

5 Sayuran yang Tepat Untuk Menjaga Kesehatan Hati

Pertama ada sayuran brokoli, seperti dilansir dari Eat This, Not That! Brokoli bagus untuk hati karena  teruji dalam sebuah studi yang dilakukan pada tikus yang diberi makan brokoli memiliki matriks hati lebih positif dan insiden perlemakan hati dan tumor hati lebih rendah daripada tikus yang tidak makan brokoli. Anda bisa mengonsumsi sebanyak 128 gr brokoli 2-3 kali seminggu.

2. Bit

Kandungn antioksidan yang terkandung dalam Bit disebut betalain telah menunjukkan fungsi antioksidan dan antiinflamasi untuk mengurangi stres oksidatif. Sebuah studi menunjukkan jus bit mampu melindungi hati dari kelas karsinogen tertentu.

5 Sayuran yang Tepat Untuk Menjaga Kesehatan Hati

Melansir dari Stylecraze, Anda disarankan untuk minum segelas jus bit setiap hari atau mengonsumsi sekitar 128 g bit 2-3 kali setiap minggunya.

3. Wortel

Wortel ternyata mampu mengurangi risiko nonalcoholic fatty liver atau perlemakan hati non-alkoholik dan liver toxicity. Peneliti dari National Institute of Nutrition, India bernama Jamia Osmania  melakukan riset dengan memberikan suplemen jus wortel pada tikus. Dia menemukan jus wortel mampu mengurangi lemak trigliserida dan asam lemak tak jenuh tunggal pada hati.

5 Sayuran yang Tepat Untuk Menjaga Kesehatan Hati

Barav Listeners dapat mengonsumsi segelas jus wortel tiap dua hari sekali dan 128 g wortel matang tiap 2-3 hari sekali untuk hati sehat.

4. Kubis Ungu

5 Sayuran yang Tepat Untuk Menjaga Kesehatan Hati

Sayuran satu ini mampu melindungi hati. Hal tersebut dibuktikan dalam studi pada tikus yang menunjukkan ekstrak kubis ungu bisa mengurangi gangguan hati akibat stres oksidatif. Sekitar 128 gr kubis ungu 2-3 kali seminggu perlu Anda konsumsi. Kubis ungu juga bisa digunakan sebagai campuran salad untuk sayuran yang bagus untuk hati.

5. Asparagus

Selain asparagus merupakan sumber vitamin A, C, E, K, asam folat, kolin, kalsium, magnesium, fosfor, potassium dan serat, sayuran satu ini baik untuk kesehatan hati.

5 Sayuran yang Tepat Untuk Menjaga Kesehatan Hati

Peneliti dari Jeju National University, Korea Selatan, menemukan fakta bahwa batang dan daun asparagus muda mampu menekan pertumbuhan sel hepatoma (sel kanker hati) dan mengurangi stres oksidatif untuk melindungi sel hati.

Baca Juga: Melihat Sosok Legenda Bola Luis Milla yang Kini melatih Persib

Adakah sayuran di atas yang jadi favorit Brava Listeners?

 

Penulis: Fadia Syah Putrnanto

Share it