5 Tips untuk menjaga kesehatan mata

52

Sebagai bagian dari panca indera, mata seyogyanya mendapat perawatan yang baik agar daya fungsinya tetap maksimal. Lima tips di bawah ini dapat Anda ikuti untuk mendapatkan kondisi terbaik mata Anda setiap harinya.

1. Makan makanan yang baik untuk kesehatan mata

Ada lima zat makanan yang baik bagi kesehatan mata, yaitu asam lemak omega-3, zat besi, lutein, vitamin E, dan vitamin A.

Kelima zat makanan tersebut, jika dikonsumsi dengan baik, akan membantu membuat usia ketajaman penglihatan mata menjadi lebih panjang, dan sekaligus mengurangi resiko terkena katarak serta memperlambat munculnya rabun.

Beberapa bahan pangan yang baik bagi kesehatan mata adalah wortel, bayam, ikan laut, ikan salmon, dan kacang tanah.

2. Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan resiko terkena penyakit katarak, mata cepat lelah, dan penurunan daya lihat mata. Bukan hanya pada perokok aktif saja, para perokok pasif yang sering terpapar asap rokok juga cukup beresiko mengalami penurunan daya lihat, di mana diakibatkan dari efek kering yang dibawa asap ke mata.

3. Gunakan kaca mata hitam

Jika mata terlalu lama terpapar sinar matahari, maka akan beresiko menyebabkan katarak dan penurunan daya lihat. Ada baiknya mengenakan kaca mata hitam atau gelap saat berada cukup lama di bawah terik sinar matahari, khususnya saat siang hari. Akan lebih baik jika Anda memilih kaca mata hitam yang berbasis lensa polaroid karena dapat meredam dan menghalau sinar UV lebih baik.

4. Gunakan perangkat perlindungan mata saat bekerja

Hal ini dilakukan jika pekerjaan yang Anda jalani cukup dekat dengan beragam hal yang menimbulkan risiko bagi mata, seperti zat kimia, paparan radiasi, dan sektor pekerjaan lapangan. Selain itu penggunaan perangkat keamanan mata juga disarankan saat berolahraga, khususnya olahraga yang erat kaitannya dengan lingkungan air atau berdebu.

5. Alihkan sementara mata dari depan layar komputer

Jika Anda setiap harinya berkutat di depan layar komputer, maka saatnya Anda perlu lebih memperhatikan kesehatan indera penglihatan Anda. Salah satu cara terbaik adalah dengan mengalihkan pandangan dari layar komputer secara berkala. Anda dapat mengalihkan pandangan Anda sementara kepada suasana kantor, ornamen di kubik kerja Anda, atau bisa juga dengan memejamkan mata sekitar lima menit saja.

[sumber Esquire Indonesia | foto favim.com]

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio melalui streaming di sini atau download melalui iOS dan Google Play Store.

Baca juga:
5 Restoran termewah di Jakarta
Honda Urban EV Concept berkonsep mobil listrik
Alain Ngalani berhasil lumpuhkan Hideki Sekine

Share it