6 alasan anda harus minum air putih

305
Ilustrasi Air Putih
Ilustrasi Air Putih | sumber pixabay.com

Selama ini Anda sering mendengar betapa pentingnya menjaga pola makan dan asupan gizi demi kesehatan Anda. Tahukah Anda bahwa memastikan asupan air yang cukup juga sama pentingnya dengan menjaga pola makan?

Faktanya, kita sering melupakan nutrisi yang sangat esensial bagi tubuh ini. Padahal, air merupakan nutrisi yang paling banyak terlibat langsung dalam setiap fungsi tubuh.

Mulai dari membantu menjaga suhu tubuh, pembakaran lemak, membantu proses pencernaan, melumasi organ tubuh, mengangkut nutrisi sampai membuang racun dari tubuh. Itulah mengapa Anda disarankan untuk minum setidaknya 2 liter air per hari.

Berikut ini yang akan kita peroleh dari sering minum air putih.

Menurunkan berat badan. Minuman yang mengandung gula berarti memberikan asupan gula tambahan yang dapat memicu obesitas. Padahal kemampuan tubuh dalam mengolah gula berkurang seiring bertambahnya usia dan berkurangnya aktivitas. Itu sebabnya air putih adalah minuman terbaik karena tidak mengandung kalori.

Menajamkan otak. Sekitar 70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Kehilangan banyak cairan akan mengalami dehidrasi yang berdampak negatif pada tingkat kinerja, kemampuan kognitif, dan mood.

Kekurangan cairan tubuh sebanyak 1% menimbulkan rasa haus dan gangguan mood. Bila Anda kehilangan 2% cairan tubuh, ingatan Anda akan lemah dan kehilangan fokus. Sedangkan kekurangan 4% cairan dapat dapat mengakibatkan turunnya kemampuan fisik sebanyak 25%. Dan Anda akan pingsan bila kehilangan 7% cairan tubuh.

Mengurangi risiko batu ginjal. Meminum air sebanyak 2-3 L setiap hari menjadi cara mudah mengurangi risiko konsentrasi garam dan mineral dalam tubuh. Artinya risiko pembentukan batu ginjal dan infeksi saluran kemih semakin rendah.

Mencegah diabetes. Para peneliti di Harvard School of Public Health menjelaskan bahwa mengganti minuman manis dengan air putih dapat membantu mencegah terjadinya gangguan metabolisme dalam tubuh, yang memicu risiko diabetes. Mengganti minuman soda atau manis dengan air putih bisa memangkas risiko diabetes hingga 17 persen.

Bebas jerawat. Kebanyakan orang mengira kondisi wajah berminyak menyebabkan jerawat. Untuk itu, mereka menggunakan produk pembersih muka untuk mengurangi jumlah minyak. Itu salah besar.

Rata-rata produk pembersih malah membuat kulit menjadi kering atau dehidrasi sehingga memicu munculnya bintik-bintik merah dan nyeri pada kulit. Solusinya sangat sederhana: air putih dapat mengurangi konsentrasi minyak di kulit wajah.

Meringankan demam berdarah. Beberapa penyakit, seperti diare dan demam berdarah, menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi parah. Air putih yang diminum secara rutin bisa membantu meringankan kondisi penderita.

Narasumber :

Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK, Dokter spesialis gizi klinik RS. Cipto Mangunkusomo dan Unit Jejaring dan Humas Indonesian Hydration Working Group FKUI

[teks Bimo Wicaksono/sumber & foto fitnessformen.co.id]

Share it