6 Sirkuit MotoGP tersulit musim ini

5188

Menyaksikan jagoan MotoGP Anda menukik tajam di tikungan memang cukup membuat adrenalin terpacu, terlebih jika mereka saling berusaha menyalip ketika berada di belokan tajam.

Selain belokan tajam ada beberapa faktor yang membuat sirkuit balap menjadi sulit ditaklukkan, di antaranya kontor trek, perubahan arah, dan selanjutnya Anda bisa lihat di daftar berikut ini.

Sirkuit Mugello, Italia

Sirkuit dengan nama resmi Autodromo Internazionale del Mugello ini memiliki panjang lintasan 5.245m, dengan lebar lintasan 6m, 6 tikungan ke kiri dan 9 tikungan ke kanan.

Pertama kali menggelar ajang MotoGP di tahun 1976, sirkuit di pinggiran Tuscany ini adalah salah satu yang sulit ditaklukkan.

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez menganggap trek ini menantang dengan banyak perubahan arah sehingga ia harus bekerja keras sejak awal untuk mendapatkan ritme yang tepat.

Lokasi: Tuscany, Italy

Tahun berdiri:1974

Panjang trek: 5.245m

Lebar trek: 6m

Tikungan kiri: 6

Tikungan kanan: 9

Trek lurus terpanjang:1.141 m

Motorland Aragon, Spanyol

Valentino Rossi pernah berkata jika ia sulit untuk bisa cepat di sirkuit yang memiliki total 17 tikungan ini. Motorland Aragon didesain oleh desainer sirkuit terkenal asal Jerman, Herman Tilke.

Di musim lalu, sempat terjadi insiden di tikungan 12 ketika Marc Marquez menyenggol bagian belakang motor Dani Pedrosa yang menyebabkan Pedrosa terpental dari motornya dan gagal finish.

Lokasi: Alcañiz, Aragon, Spain

Tahun berdiri: 2009

Panjang trek: 5.078 m

Lebar trek: 15m

Tikungan kiri: 10

Tikungan kanan: 7

Trek lurus terpanjang: 968 m

Sachsenring, Jerman

Sachsenring terkenal dengan ‘keangkerannya’ karena banyak pembalap tergelincir ketika beraksi di sini. Kebanyakan kecelakaan terjadi di tikungan 11 yang dijuluki ‘waterfall’ – tikungan melengkung dan saat berbelok lintasannya menurun.

Tikungan ini menjadi berbahaya karena terlalu banyak tikungan ke kiri sebelum para pembalap harus menikung cepat ke kanan. Menurut Marc Marquez, ini adalah tikungan cepat dengan 50% gas dan tidak sepenuhnya melakukan pengereman, sehingga ketika ban depan tergelincir, akan sulit untuk selamat.

Tidak sedikit juga pembalap yang berpendapat agar dilakukan perubahan di tikungan 11 ini.

Lokasi: Saxony, Jerman

Tahun berdiri: 1996

Panjang trek: 3.671 m

Lebar trek:12m

Tikungan kiri:10

Tikungan kanan: 3

Trek lurus terpanjang: 700 m

Le Mans, Perancis

Sirkuit ini juga dikenal dengan nama Circuit des 24 Heures – karena menggelar seri balap 24 Hours of Le Mans – dan Circuit de la Sarthe. Banyaknya variasi tikungan dan perubahan ketinggian permukaan memberikan kesulitan tersendiri bagi para pembalap.

Dani Pedrosa juga menganggap sirkuit ini sebagai salah satu sirkuit yang sulit ditaklukkan. Menurutnya, Le Mans memiliki karakter lintasan stop and go, sehingga ia dan timnya harus benar-benar mempersiapkan stabilitas motor, traksi, dan akselerasi yang baik.

Lokasi: Le Mans, Maine, Perancis

Tahun berdiri: 1966

Panjang trek: 4.185 m

Lebar trek: 13m

Tikungan kiri: 4

Tikungan kanan: 9

Trek lurus panjang: 674 m

Circuit Of The Americas, AS

Pedrosa mengakui banyak perubahan kecepatan dari bagian ke bagian ketika ia turun di sirkuit yang memiliki banyak tikungan ketat terutama di tikungan 1 ini.

Lain halnya dengan Valentino Rossi yang menilai sirkuit ini memiliki banyak tikungan cepat. Tapi, bagian yang cukup sulit dari sirkuit ini adalah bagian pertama, di mana para pembalap harus berbelok kiri-kanan-kiri-kanan dengan cepat.

Lokasi: Austin, Texas, AS

Tahun berdiri: 2012

Panjang trek: 5.513 m

Lebar trek: 15m

Tikungan kiri: 11

Tikungan kanan: 9

Trek lurus panjang: 1.200 m

Misano World Circuit, Italia

Untuk mengenang Marco Simoncelli, pembalap yang berasal dari daerah sekitar sirkuit, sejak tahun 2012, namanya diubah menjadi Misano World Circuit Marco Simoncelli.

Dengan total 16 tikungan, sirkuit ini memberikan beberapa tantangan bagi para mekanik tim balap.

Mereka harus memberikan settingan tepat untuk sirkuit yang dikenal memiliki banyak tikungan lambat ini. Dani Pedrosa mengakui bahwa motor gesit yang memiliki power halus untuk turun di sirkuit ini.

Lokasi: Emilia-Romagna, Italia

Tahun berdiri: 1969

Panjang trek: 4.226 m

Lebar trek: 14m

Tikungan kiri: 6

Tikungan kanan: 10

Trek lurus panjang: 565 m

Source: Fitness For Men

Baca juga:
Fakta unik musim hujan di Twitter
Sweet Escape, jasa fotografi liburan Anda
Kolaborasi fashion uniseks Adidas dan Alexander Wang

Share it