80 WNI Berhasil Dievakuasi dari Ukraina

17
80 WNI Berhasil Dievakuasi dari Ukraina

Sebanyak 80 warga negara Indonesia (WNI) berhasil dievakuasi dari Ukraina dan telah tiba di Bandara Udara Soekarno Hatta pada Kamis (3/3). Kepulangan dari para WNI ini ini disambut oleh Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Muhammad Herindra mewakili Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Terdapat 80 WNI yang dievakuasi itu, serta 3 WNA keluarga dari WNI dan 4 bayi. Selain Wakil Menteri pertahanan, kedatangan para WNI di banda Soekarno Hatta ini juga disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsuadi yang menyebut semua WNI yang telah berhasil dievakuasi dalam keadaan sehat.

“Semua dalam keadaan sehat,” demikian pernyataan Kemenlu dikutip dari akun twitternya.

80 WNI Berhasil Dievakuasi dari Ukraina

Wamenhan Herindra mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini masih terus berkomunikasi oleh Menhan Rusia untuk menjamin keselamatan WNI selama proses evakuasi. Diketahui, pemerintah masih terus mengupayakan evakuasi 9 WNI di Chernihiv, Ukraina.

Sementara itu masih terdapat 14 evacuee yang masih harus tinggal di Bucharest untuk sementara waktu dan belum bisa ikut dalam rombongan kepulangan ini. Hal itu dikarenakan ketika saat kepulangan 12 orang evacuee diketahui positif COVID-19 dan 2 orang lainnya, memilih tinggal di Bucharest, untuk menemani anak mereka yang positif COVID-19.

“Menhan RI Pak Prabowo Subianto berupaya untuk selalu kontak dengan via Kementerian Pertahanan Rusia agar proses evakuasi yang dilaksanakan selama ini berjalan dengan aman sehingga warga negara Indonesia akan tetap terjamin keamanannya,” kata Herindra dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/3/2022).

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it