AC Milan Resmi Dibeli Perusahaan AS Rp 18 T

3796

Klub raksasa Italia, AC Milan resmi dibeli oleh perusahaan asal Amerika Serikat bernama RedBird Capital. AC Milan diakusisi oleh RedBird Capital dengan harga 1,2 miliar euro (Rp 18 triliun).

Resmi sudah kesepakatan antara AC Milan dan RedBird Capital pada Rabu (31/8/2022), menjadi pemegang saham mayoritas. Sebelumnya, pemegang saham Rossoneri dipegang oleh Elliot Advisors.

Hal tersebut bersamaan dengan Yankee Global Enterprises (YGE), pemilik New York Yankees, juga menjadi bagian dari pemegang saham di AC Milan dengan kepemilikan minoritas. Diketahui, RedBird merupakan salah satu pemilik Yankees Entertainment Sports (YES) Network, yang merupakan jaringan olahraga regional yang paling banyak ditonton di Amerika Serikat.

Founder & Managing Partners RedBird, Gerry Cardinale, dalam visinya mengatakan ingin lebih mensukseskan AC Milan, serta seluruh jajaran staff pelatih serta pemain. Selain itu, Gerry Cardinale juga ingin mempertahankan Milan berada dalam tahta tertinggi sepak bola Eropa.

“Visi kami untuk Milan jelas: kami akan mendukung pemain, pelatih, dan staf berbakat kami untuk memberikan kesuksesan di lapangan dan memungkinkan penggemar kami untuk berbagi pengalaman luar biasa dari klub bersejarah ini,” kata pendiri RedBird, Gerry Cardinale, dikutip dari laman resmi AC Milan.

“Kami akan memanfaatkan jaringan olahraga dan media global kami, keahlian analitik kami, rekam jejak kami dalam pengembangan stadion olahraga dan keramahan untuk memberikan satu tujuan – mempertahankan tempat Milan di puncak sepak bola Eropa dan dunia,” tuturnya.

RedBird sendiri mengelola portofolio sekitar US$7,5 miliar. Aset RedBird meliputi Fenway Sports Group (Liverpool FC, Boston Red Sox, Pittsburgh Penguins), Toulouse FC, The Rajasthan Royals, YES Network, SpringHill Company, Skydance Media, XFL, OneTeam Partners, dan Dream Sports.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it