Acro Yoga, Terapi Hybrid Agar Bugar dan Kuat

674
Acro Yoga

Acro Yoga

Tren seringkali mengubah sebuah tradisi menjadi lebih modern. Salah satu contohnya bisa dilihat dari bagaimana yoga bertransformasi dari masa ke masa. Kini bahkan ada jenis yoga yang dipadukan dengan gerakan akrobatik, yaitu acro yoga.

Yoga sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu sebagai salah satu sarana mendapatkan ketenangan dan kesehatan tubuh. Dalam ajaran agama Hindu, yoga merupakan salah satu ritual spiritualitas yang melibatkan teknik pernapasan, posisi tubuh, meditasi yang disertai mantera-mantera. Tapi saat ini, yoga lebih umum digunakan untuk mendapatkan kebugaran dan tubuh yang sehat. Teknik pernapasan, posisi tubuh dan meditasi masih dilakukan namun tidak lagi disertai dengan mantera.

Jika ingin lebih ekstrim, Anda bisa mencoba acro yoga, Brava Listeners. Ini adalah salah satu jenis yoga yang sudah dikembangkan dan dilebur dengan aktivitas fisik lain, yaitu akrobat. Maka jika diperhatikan, unsur-unsur dalam acro yoga bukan hanya sekadar teknik pernapasan dan meditasi tapi juga ditambah dengan akrobatik. Hasilnya juga agak berbeda dengan yoga biasa. Selain mendapat kebugaran dan ketenangan, acro yoga juga melatih otot-otot tubuh tertentu menjadi lebih kuat.

Umumnya, acro yoga dilakukan dengan cara berpasangan. Satu orang berperan sebagai penopang pasangannya yang melakukan gerakan yoga. Cara menopangnya bisa menggunakan kedua kaki saja, kedua tangan saja atau ditopang dengan kaki dan tangan.

“Gerakan ini berguna bagi keduanya karena diperlukan rasa percaya yang tinggi satu sama lain saat melakukan acro yoga. Gerakan ini juga bermanfaat menjadikan tubuh lebih kuat,” ujar Sam Malone, praktisi acro yoga dari Home Remedies seperti dilansir Huffington Post.

Ia menjelaskan, orang yang menjadi penopang akan membangun kekuatan tubuh sementara yang ditopang dapat meningkatkan kelenturan dan keseimbangan. Posisi ini bisa dilakukan secara bergantian.

Sekolah acro yoga pertama kali berada di Montreal, Kanada yang didirikan pada 1980-an. Saat ini sudah cukup banyak pusat latihan acro yoga, terutama di kota-kota besar yang bisa Anda datangi untuk berlatih.

Bagaimana Brava Listeners, tertarik mecoba acro yoga?

[Teks: Muhammad Kamal | Foto: Wall Street Journal]

 

Share it