Ada 4 Orang Asal Indonesia yang Namanya Tercatat di Guinness World Record

29890

Siapa yang tidak bangga namanya dicatat dalam The Guinnness Book of World Records atas prestasinya mencapai sebuah rekor dunia. Apalagi jika rekor di Guinness World Record ini diraih oleh perseorangan atau individu.

Dalam Guinness World Record ada rekor dunia yang diciptakan baik dari individu, kelompok, atau lembaga. Sejauh ini ada empat orang Indonesia yang namanya tercatat di Guinness World Record.

1. Rudy Hartono

Nama legenda bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono masuk dalam Guinness World Records. Raihan ini didapatkannya setelah menjuarai Turnamen All England sebanyak 8 kali, yakni pada tahun 1968, 1969, 1970, 1971, 1972, 1973, 1974.

Hingga kini rekor dari Rudy Hartono sebagai pebulutangkis peraih 8 gelar juara All England belum ada yang menyaingi. Hal tersebut lah yang membuat nama Rudy Hartono di Guinness World Records sebagai raja All England belum tergantikan.

2. Kunto Hartono

Rekor dunia sebagai The Longest Marathon Drumming atau penabuh drum terlama di dunia, berhasil dicatatkan drummer asal Indonesia bernama Kunto Hartono. Kunto sukses menabuh dalam waktu 122 jam 25 menit atau 6 hari 6 malam tanpa berhenti pada 1 Januari 2012 di kota Malang, Jawa Timur.

Nama Kunto pun berhasil masuk di Guinness World Record menggantikan drummer asal Amerika, Russ Prager. Russ Prager ketika itu menabuh drum selama 120 jam di Sacramento, AS, pada 14 Maret 2009.

3. Dominic Brian

Anak bangsa lainnya yang mampu membanggakan adalah Dominic Brian yang mampu memecahkan rekor dunia dalam hal mengingat 76 digit angka dalam 1 menit pada tahun 2009. Ia juga sebagai orang Indonesia pertama yang muncul dalam TV Guinness World Records.

Brian sebelumnya juga telah memecahkan rekor MURI ketika berusia 5 tahun. Kala itu, pria asal Surabaya ini mampu mengingat 100 angka secara acak dalam 12 menit.

Baca Juga: Juarai UEFA Conference League, Mourinho Ukir Rekor Mengesankan

4. Kiromal Katibin

Rekor dunia yang dicetak oleh orang Indonesia selanjutnya adalah Kiromal Katibin, yang merupakan atlit panjat tebing. Kiromal Katibin dinobatkan di Guinness World Record sebagai manusia tercepat di dunia untuk cabang olah raga panjat tebing.

Saat ajang kualifikasi World Cup International Sport Climbing (IFSC) 2022 di Seoul, Korea Selatan, Kiromal Katibin berhasil mencatatkan waktu hanya 5,17 detik. Rekor ini telah mengalahkan atlit panjat tebing Indonesia, Veddriq dalam waktu 5,20 detik.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it