Juarai UEFA Conference League, Mourinho Ukir Rekor Mengesankan

1839

Klub asal Italia, AS Roma baru saja berhasil menjuarai UEFA Conference League pada Kamis (26/5/2022). Gelar juara UEFA Conference League terasa sangat spesial, terutama untuk sang pelatih Roma, Jose Mourinho.

AS Roma akhirnya mengakhir puasa gelar setelah di laga final UEFA Conference League mampu mengalahkan Feyenoord dengan skor 1-0 di Tirana. Gol semata wayang dari Roma ini dicetak oleh Nicolo Zaniolo pada babak pertama.

Gelar UEFA Conference League ini juga sekaligus membuat pelatih Jose Mourinho mencatatkan namanya dalam sejak. Mourinho menjadi pelatih pertama yang pernah memenangi Liga Champions, Europa League, dan UEFA Conference League.

Selain itu, Mourinho juga dinobatkan sebagai pelatih pertama yang meraih gelar di Eropa dengan empat klub berbeda. Empat klub tersebuy, yakni Porto, Inter Milan, Manchester United dan AS Roma.

Bersama Porto, Mourinho berhasil memenangkan Liga Champions musim 2003/04. Hal yang sama juga dilakukannya bersama Inter Milan, dengan mempersembahkan gelar Liga Champions 2009/10. Di Manchester United, Mourinho mampu meraih gelar Liga Europa 2016/17. Dan, terakhir bersama AS Roma memenangkan trofi UEFA Conference League.

Baca Juga: Bonus SEA Games Indonesia Buat Atlet Negara Tetangga Tergiur

Prestasi yang diukir Mourinho ini menyamai catatan gemilang dari pelatih legendaris Italia, Giovanni Trapattoni. Giovanni Trapattoni mengolekso lima trofi dari tiga kompetisi berbeda di Eropa, diantaranya satu Piala Champions (1985), dua Piala UEFA (1977, 1993), satu Piala Winners (1984) bersama Juventus serta satu Piala UEFA bersama Inter pada 1991.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it