Ada Kemirisan Dibalik Ikan Tuna Seharga Rp 44 Miliar Termahal Di Dunia

7150
ikan tuna termahal di dunia

Ikan tuna sirip biru berhasil terjual dengan penjualan menembus $ 3,1 juta atau setara Rp 44 miliar dalam pelelangan di Pasar Toyosu, Tokyo, Jepang. Hal ini pun menjadikan Ikan tuna sirip biru menjadi ikan termahal di dunia.

Ikan tuna sirip biru seberat 278 kg laku terjual dengan penjualan tertinggi. Pembelinya adalah pemilik rantai restoran sushi Zanmai yang populer di Jepang, Kiyoshi Kimura.

ikan tuna termahal di dunia

Ikan tuna sirip biru ini berasal dari tangkapan lepas pantai utara Jepang. Melihat pelelangan ikan tuna sirip biru yang diadakan hingga mampu terjual hingga miliaran, bukanlah suatu hal yang luar biasa.

Jepang sendiri mayoritas penduduknya menjadikan ikan sebagai konsumsi utama. Dan, ikan jenis tuna sirip biru menjadi salah satu ikan yang sering diburu.

Terancam Punah

ikan tuna termahal di dunia

Namun begitu, kondisi ini dikhawatirkan dapat membuat populasi dari ikan tuna sirip biru menjadi terancam. Hal ini dikarenakan peningkatan konsumsi ikan ini telah menyebabkan penangkapan ikan yang berlebihan.

Baca Juga : 5 Kegunaan Ampas Kopi Di Rumah

Saat ini jumlah populasi dari jumlah ikan tuna sirip biru menunjukan angka penurunan drastis, yakni sekitar 96 persen. Jepang sendiri sedang mengusahakan untuk kembali stok sirip biru Pasifik, dengan target 20 persen dari level historis pada 2034.

Share it