Agar Aman dan Nyaman Saat Berlari

296

Running

 

 

 

 

 

Meski terkesan sederhana, ketika joging atau berlari ternyata perlu juga memerhatikan beberapa hal agar aman dan nyaman sangat melakukan olahraga tersebut.

Berlari adalah olahraga yang tidak rumit. Tinggal kenakan pakaian olahraga yang nyaman, ikat tali sepatu, lalu berlarilah ke manapun Anda mau. Namun, agar mendapatkan rasa nyaman selama berlari dan untuk menjamin keselamatan Anda, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan.

Tandai diri Anda

Gunakan pakaian atau perlengkapan yang mampu memantulkan cahaya. Ini sangat penting, terutama bila Anda berlari di pagi atau malam hari yang minim cahaya, agar Anda terlihat oleh pengemudi yang melintas. Anda juga bisa menggunakan headlamp untuk menerangi jalan dan memberi tanda pada pengemudi kendaraan.

Tentukan rute lari

Sebelum berlari, tentukan rute yang akan dilewati. Jangan berlari pada rute yang banyak gangguan, seperti persimpangan jalan atau lampu merah, karena itu akan mengganggu mood berlari Anda. Akan lebih menyenangkan jika rute yang dilalui memungkinkan Anda untuk bertemu dengan teman-teman sehingga Anda dapat jogging bersama.

Bawalah tanda pengenal

Selalu lengkapi diri Anda dengan tanda pengenal seperti SIM atau KTP di dalam dompet, atau Anda dapat memberitahu rute Anda berlari kepada orang terdekat Anda, agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ada orang lain yang dapat membantu Anda.

Tetap waspada

Kebiasaan mendengarkan musik menggunakan headphone akan membuat Anda kurang waspada ketika berlari. Anda tidak akan mendengar suara mobil atau orang-orang yang melintas, sehingga membahayakan diri Anda. Jika Anda tidak bisa berlari tanpa mendengarkan musik, kecilkan volumenya agar Anda tetap bisa mendengar keadaan di sekitar Anda.

Atur Kelembapan

30 persen panas tubuh keluar melalui telapak tangan dan kaki Anda. Gunakan bahan seperti wool untuk menjaga kelembapan telapak kaki. Selain itu gunakanlah sepatu yang agak longgar agar ujung kaki Anda mendapatkan sirkulasi udara yang cukup.

[Sumber: Fitness for Men | Foto: www.huffingtonpost.ca]

Share it