Agar sehat, ganti gula Anda dengan ini

137

Gula yang dianggap sebagai biang keladi berbagai penyakit seperti tak bisa dilepaskan dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Tapi ternyata tanpa gula, makanan dan minuman bisa tetap manis.

Dampak negatif gula bagi kesehatan tubuh sudah banyak diungkap baik oleh dokter maupun media kesehatan. Beberapa bahaya akibat konsumsi gula berlebih antara lain merusak gigi, menyebabkan obesitas hingga penyakit yang lebih berbahaya yaitu diabetes. Sayangnya, hampir setiap hari kita mengonsumsi makanan dan minuman manis yang hampir pasti ditambahkan gula.

Agar tidak mengalami dampak negatif gula di masa datang sudah saatnya Anda mengurangi konsumsi gula, Brava Listeners. Bukan berarti Anda tak bisa makan manis, tapi sumber rasa manis pada makanan dan minuman bisa diganti dengan selain gula.

Sebab, pemberi rasa manis bukan hanya berasal dari gula, banyak sumber lain yang lebih aman Anda gunakan. Mau tahu apa saja itu? Simak bahasannya di bawah ini seperti dikutip dari Scotsman.

1. Madu murni

Jangan sampai salah pilih, Brava Listeners. Kebanyakan madu yang dijual di toko maupun supermarket sudah melalui proses pemanasan atau bahkan sudah ditambahkan gula.

Madu terbaik adalah yang belum melalui proses tersebut. Madu murni memiliki banyak enzim dan mineral yang masih aktif dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Tambahkan madu murni ke dalam teh Anda untuk menggantikan gula.

2. Gula kelapa

Gula kelapa adalah gula yang dibuat dari nira kelapa. Gula ini memiliki kekhasan aroma dan rasanya seperti sari tebu. Hebatnya, gula kelapa memiliki kadar nutrisi yang tinggi seperti zinc, kalsium dan mineral lain yang baik untuk tubuh.

3. Sirup maple

Ini juga salah satu pemanis alami dari pohon yang tidak berbahaya untuk dikonsumsi. Biasanya sirup maple digunakan dengan cara disiram ke atas pancake atau waffle. Sirup ini juga kerap digunakan sebagai pemanis kopi.

4. Kurma

Jika tak ingin menimbun lemak dan penyakit, Anda harus mengganti makanan ringan Anda, Tinggalkan keripik-keripik kemasan, cokelat atau camilan manis lainnya dan beralihlah ke kurma. Menyetok banyak kurma dan mengonsumsinya di sela-sela waktu luang akan bermanfaat bagi kesehatan Anda, Brava Listeners.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

[Teks: @moehakam | Foto: Scotsman.com]

Baca juga:
5 Bar hits di Jakarta Selatan
Peter Odemwingie bergabung di MU
Spot terbaik di Jepang saat musim dingin

Share it