Ahmad Dhani Akui Kejeniusan Fariz RM Hingga Jadi Inspirasinya Bermusik

230
Ahmad Dhani Akui Kejeniusan Fariz RM Hingga Jadi Inspirasinya Bermusik

Siapa yang tak kenal dengan musisi legendaris di era 1980-an, Fariz Roestam Moenaf atau Fariz RM. Bahkan, Ahmad Dhani pun mengakui kejeniusan dari Fariz RM dan sangat besar pengaruhnya terhadap karirnya dalam bermusik.

Fariz RM menjadi salah satu idola musisi yang digilai di era 1980-an. Kharisma dari Fariz FM ketika manggung menjadi magnet tersendiri bagi para penggemarnya, termasuk Ahmad Dhani,

“Saya sempat nonton Fariz RM waktu SMA dan beliau itu gagah sekali. Tidak cuma jenius, tapi juga ganteng, juga keren. Sehingga wajar beliau waktu itu jadi bintangnya Indonesia tahun 1980-an,” ucap Ahmad Dhani dalam YouTube Video Legend.

Ahmad Dhani Akui Kejeniusan Fariz RM Hingga Jadi Inspirasinya Bermusik

Kejeniusan Fariz RM dalam bermusik menjadi inspirasi bagi Ahmad Dhani. Salah satu yang membuat Fariz FM jenius adalah bisa menjadi musisi yang  multi-instrumentalis atau bisa memainkan semua instrumen.

“Fariz Rustam Munaf ini musisi jenius. Sebenernya juga menginspirasi saya, tapi saja tidak bisa seperti beliau. Fariz RM bisa main bas, bisa main drum, bisa main gitar. Di lagunya dia yang pertama, ‘Sakura’, dia main bas sendiri, main drum sendiri, main gitar sendiri, nyanyi sendiri,” ujar pentolan Dewa 19 itu.

Ahmad Dhani kemudian menjelaskan mengenai perbedaan musisi di tahun 80an dengan musisi saat ini. Dhani mengatakan jika dahulu musisi yang ingin masuk dapur rekaman haruslah musisi yang memiliki kemampuan di atas rata-rata.

“Zaman dulu tahun ’80 sama tahun sekarang ini beda banget. Kalo nggak jenius banget itu nggak rekaman. Jadi musisi Indonesia waktu itu memang bener-bener jenius banget,” pungkasnya.