Hari Jantung Sedunia 2023: Use Heart, Know Heart

82
Hari Jantung Sedunia 2023: Use Heart, Know Heart

Hari ini atau 29 September 2023 diperingati sebagai Hari Jantung Dunia. Diperingatinya hal tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit jantung akan dapat menyerang siapa saja dan kapan pun.

Dilansir situs resmi World Heart Federation, perayaan Hari Jantung Dunia tahun ini mengusung tema ‘Use Heart, Know Heart’. Tema ini diangkat sebagai upaya mengenal, mengetahui, dan menjaga jantung masing-masing.

Pentingnya kesadaran menjadi langkah awal dari kampanye World Heart Day 2023. Dikarenakan jika kita mengetahui isi jantung, maka hal itu akan membuat kesadaran untuk melindungi dan menjaga jantung.

“Karena kita mencintai dan melindungi apa yang kita ketahui,” tulis World Heart Federation dalam keterangannya.

Hari Jantung Sedunia 2023: Use Heart, Know Heart

Dilansir laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit jantung jadi salah satu penyebab kematian utama di dunia. Wilayah Asia Tenggara masuk dalam wilayah tertinggi kematian jantung dengan sebanyak 3,9 juta kematian.

Dalam mengenal jantung itu sendiri, hal yang perlu diketahui ialah jantung merupakan salah satu organ penting untuk kelangsungan hidup manusia. Organ tersebut akan mempengaruhi kesehatan tubuh jika fungsi tersebut terganggu.

Baca Juga: Potensi Pandemi Baru ‘Disease X’, 20 Kali Lebih Mematikan Dibanding Covid-19

Selain mengenal, tentunya jantung perlu untuk dijaga dan dilindungi. Banyak hal yang dapat memicu penyakit jantung, dimulai dari gaya hidup.

Cara untuk mengatur pola hidup sehat untuk jantung ialah dengan mengendalikan empat faktor risiko utama yaitu merokok, diet yang tidak sehat, aktivitas fisik yang kurang, dan konsumsi alkohol.