Aktivitas Penunjang Daya Tahan Tubuh

208

Daya tahan tubuhKetika daya tahan tubuh Anda turun, sistem imunitas pun menurun. “Untuk mengatasinya, rutin berolahraga ialah cara yang mudah, sekaligus menyenangkan”, kata dr. Rachmad Wishnu Hidayat, Sp.KO, Chief of Medical Officer & Sports Medicine Physician di AnHo Premier Integrative Medicine Center-Jakarta. Berikut beberapa olahraga yang bisa Anda jadikan referensi.

Jalan cepat sebelum berangkat kerja
Ini adalah cara paling gampang untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Anda cukup menyempatkan jalan sebelum kerja selama 30 – 60 menit sebanyak empat kali per pekan. Dari aktivitas ini – dengan asumsi berat badan 65 kilogram, pembakaran kalori yang terbakar selama sejam adalah 280 kkal.

Bersepeda
Bila Anda butuh aktivitas yang lebih menantang, cobalah mengayuh sepeda. Sebab bersepeda selama dua jam sebanyak empat kali seminggu, juga bisa menjaga daya tahan tubuh tetap bagus. Berapa kalori terbakar dari aktivitas ini? Jika berat badan Anda sekira 65 kilogram, itu akan membakar kalori Anda sebanyak 520 kkal.

Berenang
Berenang dengan gaya bebas selama satu jam bisa membakar kalori Anda sebanyak 377 kkal. Tapi, jika Anda ingin daya tahan tubuh meningkat, lakukanlah aktivitas ini tiga kali seminggu.

Pilates
Menyempatkan pilates – minimal lima kali seminggu selama satu jam – akan membakar kalori Anda sebanyak 195 kkal. Aktivitas ini juga cara bagus untuk menjaga daya tahan tubuh karena membantu otot dan organ tubuh berfungsi secara maksimal.

Kapan daya tahan tubuh kita meningkat?
Umumnya, efek dari kegiatan di atas bisa dirasakan setelah seseorang berolahraga secara teratur selama 8 – 12 minggu. Efek ini biasanya terlihat, seperti jantung dan paru kian bugar, kekuatan dan ketahanan otot, perubahan berat badan atau penurunan massa lemak, kelenturan, keseimbangan, serta sistem koordinasi tubuh yang meningkat. [teks: Theresia Tyas Putri | foto Shutterstock]

Sumber: fitnessformen.co.id

 

Share it