Alternatif Pengganti Minyak Goreng untuk Gaya Hidup Sehat

1180
Alternatif Pengganti Minyak Goreng untuk Gaya Hidup Sehat

Minyak goreng menjadi salah satu bahan pokok untuk memasak makanan yang selalu ada di dapur. Meski begitu, ditengah harga yang melambung tinggi serta kelangkaan dari minyak goreng membuat masyarakat menyiapkan berbagai alternatif dari minyak goreng.

Minyak goreng sebetulnya bukan satu-satunya solusi dalam memasak, dikarenakan Anda dapat merebus atau mengukus makanan. Namun, kebanyakan masyarakat di Indonesia terbiasa untuk memasakan makanan dengan cara menggoreng dengan minyak.

Alternatif Pengganti Minyak Goreng untuk Gaya Hidup Sehat

Meski begitu, ada beberapa alternatif pengganti minyak goreng. Alternatif ini pun juga lebih sehat ketimbang minyak goreng pada umumnya.

1. Minyak Kelapa

Alternatif selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk memasak adalah minyak kelapa. Jika memasak dengan menggunakan minyak kelapa suhu harus hangat hingga tinggi, karena minyak kelapa memiliki kestabilan pada panas yang tinggi.

Dalam minyak kelapa terkandung 92 persen lemak jenuh serta tahan terhadap oksidasi. Selain itu, minyak kelapa juga dapat mengontrol kolesterol hingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Margarin dan Mentega

Apabila Anda ingin menumis atau menggoreng, Anda bisa menggunakan margarin atau mentega. Margarin atau mentega sangat cocok untuk menggoreng makanan yang tidak memerlukan banyak minyak.

Selain itu, kandungan dari mentega dan margarin juga baik untuk tubuh. Margarin diolah dari lemak nabati, sementara mentega diolah dari lemak hewani.

3. Minyak Zaitun

Meski memiliki harga yang lebih tinggi dibanding minyak goreng, namun minyak zaitun sangat bagus untuk Anda yang ingin memiliki gaya hidup sehat. Biasanya jenis minyak zaitun yang kerap digunakan adalah olive oil biasa dan extra virgin olive oil.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan juga cukup banyak diantaranya meningkatkan fungsi liver, meningkatkan imunitas serta mencegah penyakit diabetes.

4. Air Fryer

Air fyer dapat dijadikan solusi memasak tanpa minyak dikarenakan alat ini mampu menyebarkan udara panas di sekeliling makanan. Air fyer sangat cocok untuk memasak makanan kering atau frozen food.

Dilansir dari WebMD, memasak menggunakan air fryer lebih sehat dikarenakan menggoreng menggunakan minyak. Hal ini pun dapat memangkas kalori sebesar 70-80 persen dan menghasilkan lebih sedikit lemak.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it