Apple Klaim Data Pribadi Lebih Aman di iOS 16

85
Apple Klaim Data Pribadi Lebih Aman di iOS 16

Apple telah mengkalim bahwa data pribadi lebih aman saat pengguna iPhone update ke iOS 16. Token Akses Pribadi atau Private Access Tokens pada iOS 16 menjadi salah satu fitur andalannya.

Dalam fitur Private Access Tokens dapat menghilangkan munculnya CAPTCHA yang kerap mengganggu saat berselancar. Biasanya saat mencoba mengakses situs web baru, terkadang muncul upaya verifikasi dari Google demi mencegah akses dari bot yang berisi pertanyaan “apakah Anda manusia?” atau kotak berisi pernyataan “Saya bukan robot” yang mesti dicontreng.

Apple Klaim Data Pribadi Lebih Aman di iOS 16

Verifikasi bernama lengkap Completely Automated Public Turing Test To Tell Computers and Humans Apart ini harus dilengkapi syarat mengklik deretan kotak yang berisi lampu lalu lintas atau sepeda. Terlebih jika salah klik Anda harus mengulang langkah-langkah itu.

Nantinya melalui fitur baru iOS 16 verifikasi tersebut bakal dieliminasi. Mengutip dari 9to5mac, kombinasi detail dari perangkat dan ID Apple memberi tahu situs web bahwa Anda adalah pengguna yang sah dan bukan robot. Hal ini memungkinkan Anda untuk tak mendapat CAPTCHA atau re-CAPTCHA.

Apple Klaim Data Pribadi Lebih Aman di iOS 16

Melansir dari Endgadget, Apple mengaku menjamin keamanan data pribadi. Perangkat tidak akan membagikan data sensitif yang ditautkan ke akun Anda (seperti alamat email atau nomor telepon). Perusahaan juga tidak akan tahu siapa yang membuat permintaan verifikasi.

Selain itu, Apple juga menyatakan proses kriptografi ini tidak bisa ditautkan. Artinya, server yang menerima token hanya dapat mengecek bahwa mereka (pengguna) valid, tetapi tidak dapat menemukan identitas klien atau mengenali klien tiap waktu.

Baca Juga: Mengenal Marilyn Manroe yang Baru di Film Blonde, Ana de Armas

Fitur “Verifikasi Otomatis” bisa diaktifkan secara default di beta pertama iOS 16, iPadOS 16 dan macOS Ventura. Brava Listeners dapat menemukannya dengan menavigasi ke pengaturan ID Apple dengan memilih “Privasi dan Keamanan”, lalu mencari sakelar “Verifikasi Otomatis” baru di bagian paling bawah.

Tertartik untuk menggunakan fitur terbaru di iOS 16 Brava Listeners?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it