Apple Watch Selamatkan Dokter India Dari Ancaman Stroke dan Gagal Jantung

16
Apple Watch Selamatkan Dokter India Dari Ancaman Stroke dan Gagal Jantung

Kecanggihan dari perangkat elektronik masa kini ternyata tidak hanya mengandalkan kemewahan, namun juga mampu berperan besar bagi keselamatan kesehatan seseorang. Baru-baru ini ada cerita dari seorang dokter gigi di India berhasil selamat dari penyakit berbahaya berkat Apple Watch.

Dilansir dari HT Tech, seorang dokter gigi di Haryana, India, bernama Nitesh Chopra menceritakan awalnya ia mendapatkan notifikasi Apple Watch. Dalam notifikasi tersebut menunjukkan bahwa ritme jantung dari Nitesh Chopra tidak teratur.

Apple Watch Selamatkan Dokter India Dari Ancaman Stroke dan Gagal Jantung

Apple Watch sendiri memiliki fitur EKG yang mampu mendeteksi detak jantung dan menganalisis ritme jantung. Apabila ritme jantung tidak beraturan maka Apple Watch akan memberikan notifikasi kepada pengguna.

Alhasil, setelah mendapatkan banyak notifikasi di Apple Watch yang menunjukan ritme jantungnya tidak teratur, Nitesh Chopra akhirnya langsung menjalani pemeriksaan di rumah sakit. Ternyata setelah pengecekan, Chopra didiagnosis memiliki arteri yang tersumbat.

Operasi pun harus dijalani oleh Chopra untuk menyembuhkan penyakitnya ini. Beruntungnya, Chopra sudah mengetahui tanda-tanda ia memiliki arteri yang tersumbat dari notifikasi di Apple Watch yang menunjukan ritme jantungnya tidak beraturan. Persoalannya, apabila tidak ditangani lebih lanjut makan akan mengakibatkan pembekuan darah di jantung, gagal jantung, dan stroke.

Berkat Apple Wath yang telah menyelamatkan nyawanya, istri dari Chopra bernama Nega pun langsung mengirim surat ke CEO Apple, Tim Cook. Neha pun mengucapkan terima kasih kepada Tim Cook karena menghadirkan Apple Watch yang telah menyelamatkan nyawa suaminya.

Surat ini pun dibalas oleh Tim Cook yang merespon cerita dari suami Neha, Chopra. Tim Cook pun merasa senang bahwa produk Apple dapat membantu penggunanya.

“Saya sangat senang Anda mencari evaluasi klinis dan menerima perawatan yang Anda inginkan,” ungkap Tim Cook, dikutip dari Phone Arena.

“Terima kasih telah berbagi cerita Anda dengan kami. Semoga hari Anda menyenangkan. Salam Hormat, Tim,” tutupnya.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it