Asal Usul Logo Kuda di 4 Merek Mobil Mewah

1001
Asal Usul Logo Kuda di 4 Merek Mobil Mewah

Kuda telah menjadi identitas alat transportasi sebelum adanya kendaraan bermotor. Tidak lekang oleh waktu beberapa merek mobil mewah menggunakan logo kuda sebagai ikonnya.

Terbaru, produsen mobil sport yaitu Porsche merilis logo baru, mereka tetap mempertahankan lambang kuda di logonya.

Berikut ini Brava Radio akan membahas asal usul logo kuda di 4 merek mobil mewah. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Porsche

Kuda dalam lencana Porsche sudah terpampang sejak tahun 1952 sampai saat ini. Kuda di logo Porsche tampil bersama lambang Free People’s State of Wurttemberg.

Asal Usul Logo Kuda di 4 Merek Mobil Mewah

Kisah pengambilan logo kuda ada dua, pertama adalah importir legendaris mobil Jerman ke AS, Max Hoffman, menggambarnya di atas serbet untuk Ferry Porsche.  Selanjutnya desain lainnya dikabarkan dirancang oleh seorang insinyur bernama Franz Xaver Reimspiess.

Ford Mustang

Berawal dari rancangan Phil Clark, dirinya mengetahui bahwa kuda memang sangat diandalkan dari kekuatan dan kecepatan, sehingga disematkanlah kuda mustang yang sedang berlari.

Asal Usul Logo Kuda di 4 Merek Mobil Mewah

Pada awalnya, logo kuda Mustang dirancang latar palang berwarna merah, putih, dan biru di belakang untuk menandakan mobil dan merek warisan Amerika Serikat. Versi kedua dirancang oleh Charles Keresztes dengan kuda poni di Karang untuk Mustang II.

Ferrari

Logo kuda identic dengan merek mobil Ferrari. Di Indonesia sendiri dikenal sebagai Kuda Jingkrak. Ini terinspirasi dari pahlawan angkatan udara Italia saat Perang Dunia I, Count Francesco Baracca.

Disebutkan, bahwa pesawat yang digunakan Count Francesco Baracca dilukis dengan gambar  kuda jingkrak hitam di sisi pesawatnya.

Asal Usul Logo Kuda di 4 Merek Mobil Mewah

Beberaa tahun kemudian, Count Francesco Baracca meninggal dunia. Pendiri Ferrari, yaitu Enzo Ferrari sempat bertemu Countess Paolina Baracca, yang merupakan ibu dari Count Francesco Baracca pada tahun 1923.

Countess menyarankan Enzo untuk memasang logo kuda jingkrak di mobil balapnya sebagai keberuntungan.

Baca Juga: 5 Kapal Perang Laut Tercanggih, Ada Dari Asia!

Carsson

Carlsson sendiri adalah  perusahaan modifikasi, coachbuilding, dan manufaktur Jerman yang berspesialisasi dalam mobil Mercedes-Benz.

Asal Usul Logo Kuda di 4 Merek Mobil Mewah

Didirikan pada tahun 1989 oleh dua bersaudara, Rolf dan Andreas Hartge. Carlsson dinamai untuk menghormati pembalap reli Swedia Ingvar Carlsson, yang mengendarai Mercedes pada 1980-an.  Logo kuda pada Carlsson sendiri seperti terlihat sedang melakukan lompatan.