Bakar kalori saat puasa? Ini dia caranya

8

Menjalani puasa di bulan Ramadan, bukan jadi alasan seseorang untuk tidak berolahraga. Sebab, kebugaran tubuh kita juga perlu dijaga agar aktvitas harian kita tetap berjalan baik.

Dijelaskan dr. Grace Tumbelaka, SpKO, dokter spesialis olahraga dari RS. Jakarta mengatakan berolahraga saat menahan makan dan minum di bulan puasa diperbolehkan. Namun harus tahu kapan dan berapa lama boleh dilakukan.

Ahli olahraga sendiri pendapatnya terbagi dua, yaitu pagi atau sore di penghujung buku puasa. Tapi sebaiknya lakukanlah olahraga saat sore hari karena saat buka puasa, tubuh bisa cepat memulihkan tubuh yang mengalami dehidrasi.

Alasan di balik itu penyediaan energi dan kecukupan hidrasi. Apabila sehabis olahraga langsung ‘buka’ puasa maka ketersediaan energi tubuh dan hidrasi langsung terpenuhi. Sedangkan kalau pagi sebaiknya melakukan stretching saja, itu juga membakar kalori kok, 90 kcal,” ucapnya.

Untuk melakukan olahraga itu pun sangat mudah, Anda hanya perlu memanfaatkan fasilitas yang ada dipunyai kantor Anda, katakanlah lapangan kantor Anda. Banyak olahraga yang bisa di lapangan.

Dan soal waktu, biasanya bulan puasa juga membuat kita kerja lebih efisien karena tak ada jam makan. Sehingga kita lebih cepat mengerjakan pekerjaan. “Biasanya saat sore hari kemacetan terjadi dimana-mana, disinilah momen Anda untuk melakukan berolahraga,” kata dr. Grace

Nah, lantas olahraga apa saja yang bisa dilakukan saat bulan puasa? Berikut dr Grace memberikan pilihan untuk Anda.

Jogging atau treadmill

Mau jogging atau treadmill sebenarnya sah-sah saja. Ini lebih pada selera Anda dan fasilitas yang tersedia di kantor. Jika Anda lebih senang berlari diatas mesin treadmill dan kantor menyediakan fasilitas berolahraga, kenapa tidak? Apalagi dalam kegiatan ini Anda bisa lumayan membakar kalori. Selama 30 menit dengan kecepatan 7-8 km/jam Anda bisa membakar sebanyak 295 kcal.

Jalan

Jika badan Anda sudah merasa lemas saat memasuki jam lima sore, ini ialah pilihan olahraga yang baik. Sebab berjalan saja sudah cukup membakar kalori Anda. Setidaknya 140 kalori bakar terbakar jika Anda berlari selama 30 menit dengan kecepatan 5 km/jam. Atau jika Anda ingin lebih menantang, Anda hanya perlu mempercepat langkah Anda. Di mana setiap 30 menitnya bisa membakar 240 kcal.

Pull-up

Anda juga bisa melakukan pull-up jika lapangan di kantor Anda ada tiang untuk berpegangan. Ya, sebab ini termasuk latihan angkat beban ringan. Hanya saja fokus bebannya sendiri mengacu pada berat tubuh Anda. Dan saat Anda melakukan latihan ini selama tiga puluh menit, Anda bisa memangkas kalori sebanyak 140 kcal.

Bersepeda

Ini bisa jadi pilihan yang baik jika kantor Anda menyediakan sepeda elektrik. Sebab Anda tak perlu merasa kepanasan atau terkan polusi seperti jika bersepeda di jalanan. Apalagi kalori yang bakal keluar juga banyak, yakni 295 kcal dengan kecepatan lebih dari 15 km/jam. Bukankah itu membakar banyak kalori?

Source: Fitness For Men

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
5 Kesalahan umum dalam mengenakan jam tangan
Bangunan kuno beraliran brutalism di kota London
Ide perhiasan dan jam tangan wanita dari Eropa

 

Share it