Barang Memorable Milik Muhammad Ali Ini Terjual Hingga Rp 92 M

25

Siapa yang tak kenal dengan sang legenda tinju Muhammad Ali memiliki. Setiap barang peninggalannya memiliki nilai jual yang sangat tinggi, termasuk juga sabuk juara dari Muhammad Ali yang baru saja terjual seharga 6,18 juta dolar AS atau sekitar Rp92,5 miliar.

Sabuk juara milik Muhammad Ali yang didapatkannya dalam pertandingan yang dijuluki “Rumble in the Jungle” pada 1974 dilelang. Ketika itu Ali berhasil mengalahkan petinju George Foreman.

Sabuk juara Muhammad Ali ini dibeli oleh pemilik tim football Amerika Indianapolis Colts, Jim Irsay, seharga 6,18 juta dolar AS atau sekitar Rp92,5 miliar. Irsay sendiri merupakan kolektor memorabilia.

Melalui akun twitternya, Irsay mengatakan sangat bangga dapat memiliki sabuk bersejarah dari sang legenda tinju Muhammad Ali. Sabuk juara ini didapatkan Ali dalam tinju dunia World Boxing Council (WBC).

Harga lelang yang mencapai 6,18 juta dolar AS ini diungkap oleh Heritage Auctions merupakan salah satu harga tertinggi untuk barang memorabilia olahraga.

“Setelah beberapa jam menyaksikan dua penawar bolak-balik melewati sabuk ini, ini terbukti menjadi pertempuran yang layak untuk Rumble itu sendiri,” kata Direktur lelang barang olahraga Heritage Auctions, Chris Ivy, dalam laman resmi perusahaan lelang barang koleksi tersebut.

“Kami sangat senang dengan potongan sejarah tinju yang luar biasa ini – sejarah olahraga, sejarah budaya – menemukan seorang juru kunci yang luar biasa yang sekarang akan membaginya dengan seluruh dunia.” tambahnya.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it