Batasi Konsumsi 5 Minuman Ini untuk Jaga Kesehatan Ginjal

16
Batasi Konsumsi 5 Minuman Ini untuk Jaga Kesehatan Ginjal

Brava Listeners, ginjal punya fungsi penting bagi tubuh untuk membersihkan darah dari senyawa berbahaya sebelum dialirkan ke seluruh tubuh. Sisa pembersihan itu kemudian dikeluarkan dalam bentuk urine.

Perlu diketahui, senyawa berbahaya ini bisa berasal dari mana saja, termasuk minuman. Apabila seseorang yang ginjalnya mulai rusak secara perlahan harus menghadapi berbagai risiko penyakit lainnya.

Batasi Konsumsi 5 Minuman Ini untuk Jaga Kesehatan Ginjal

Beikut 5 minuman yang perlu dibatasi untuk menjaga kesehatan ginjal agar tidak rusak.

1. Soda

Soda mengandung fosfor dan kalium yang tinggi. Kedua senyawa ini dapat merusak kapiler nefron pada ginjal. Selain itu, kandungan bahan kimia dan mineral lain di dalam soda dapat menekan fungsi ginjal.

2. Alkohol

Menurut Jurnal Nephrology Dialysis Transplantation menunjukkan orang yang mengonsumsi alkohol akan mengalami albuminuria atau kondisi ketika jumlah protein meningkat di dalam urine.

3. Jus kemasan

Ternyata mengonsumsi jus kemasan instan secara berlebihan dapat merusak ginjal karena minuman ini memiliki gula tambahan atau pemanis dan tambahan lemak.

4. Kopi

Kandungan kafein Sbersifat diuretik dan dapat menurunkan fungsi ginjal untuk menyerap air. Orang yang terlalu banyak mengonsumsi kafein berisiko mengalami batu ginjal dan sakit ginjal kronis. Selain kopi, kafein juga terkandung di dalam teh.

5. Minuman tinggi gula

Kementerian Kesehatan menyarankan agar konsumsi gula per hari dibatasi, yaitu 50 gram gula per orang per hari atau sekitar empat sendok makan per orang per hari untuk menurunkan risio penyakit ginjal.

Baca Juga: Manusia Memiliki Kebutuhan Air Minum Berbeda, Bisa Sampai 7 Liter Sehari

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it