Berikut Waktu yang Tepat Minum 8 Gelas Air Putih Saat Puasa

30
Berikut Waktu yang Tepat Minum 8 Gelas Air Putih Saat Puasa

Saat sedang berpuasa, umat muslim tidak makan dan minum dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Hal tersebut tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi orang yang puasa, terutama harus menahan minum. Padahal manusia setidaknya butuh 2 liter atau 8 gelas air minum untuk mencukupi kebutuhan hidrasi harian.

Berikut Waktu yang Tepat Minum 8 Gelas Air Putih Saat Puasa

Menurut Dokter dan ahli gizi Dr. dr. Tan Shot Yen, M. Hum seperti yang dilansir dari Kompas, mengatakan bahwa air merupakan faktor penting saat seseorang melepaskan dahaga ketika berbuka puasa.

“Saat berbuka, yang terbaik adalah rehidrasi dengan air putih. Bukan jenis minuman lainnya. Sebab, air lebih mudah diserap tubuh,” kata Tan, mengutip dari Kompas.com, Minggu (10/4/2022).

Berikut Waktu yang Tepat Minum 8 Gelas Air Putih Saat Puasa

Dengan mengonsumsi air putih secara rutin, maka seseorang yang berpuasa akan terhindar dari sembelit atau susah buang air besar. Dirinya  juga menganjurkan untuk meminum air putih ketika sahur dan menjelang imsak. Tan menjelaskan mengenai wakti yang tepat untuk mengonsumsi 8 gelas air putih sehari saat puasa, yakni:

1 gelas saat berbuka puasa

2 gelas saat makan sesudah sholat Maghrib

2 gelas setelah pulang atau selesai sholat terawih

1 gelas sebelum sahur

2 gelas setelah selesai makan sahur sebelum imsak

Baca Juga: Berikut Waktu yang Tepat Minum 8 Gelas Air Putih Saat Puasa

Jika Brava Listeners lupa meminum air putih diwaktu tertentu, ada cara lain untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, yakni dengan memakan sayur dan buah-buahan yang mengandung air. Oleh karena itu, untuk melengkapi kebutuhan air dalam tubuh, cukupi konsumsi buah dan sayur yang mengandung air dalam hidangan puasa Anda

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it