Budaya Kerja Elon Musk Prioritaskan WFO Ketimbang WFH

29
Budaya Kerja Elon Musk Prioritaskan WFO Ketimbang WFH

CEO Tesla, Elon Musk prioritaskan Work From Office (WFO) ketimbang Work From Home (WFH). Hal tersebut ia ungkapkan melalui pengumuman yang ditujukkan kepada karyawan untuk kembali ke kantor masing-masing setidaknya 40 jam seminggu.

Elon Musk mengatakan dalam dua email terpisah bahwa setiap karyawan harus muncul setidaknya 40 jam per minggu di kantor Tesla.

Budaya Kerja Elon Musk Prioritaskan WFO Ketimbang WFH

“Jika Anda tidak muncul, kami akan menganggap Anda telah mengundurkan diri,” kata Elon Musk dalam salah satu email, pertama kali dilaporkan oleh Electrek dan juga diperoleh CNBC Internasional, dikutip Kamis (2/6/2022)

“Siapa pun yang ingin melakukan pekerjaan jarak jauh harus berada di kantor minimal 40 jam per minggu atau meninggalkan Tesla,” tulis Musk dalam email. “Ini kurang dari yang kami minta dari pekerja pabrik.” tambahnya.

Budaya Kerja Elon Musk Prioritaskan WFO Ketimbang WFH

Musk akan meninjau kembali dan menyetujui pengecualian apabila ada kebutuhan yang tidak memungkinkan karyawan untuk datang ke kantor.

“Tentu saja ada perusahaan yang tidak memerlukan ini, tetapi kapan terakhir kali mereka mengirimkan produk baru yang hebat? Sudah lama,” tulis Musk dalam email kedua yang dikirim.

Dia menambahkan bahwa penting bagi karyawan senior untuk menunjukkan kehadiran mereka dan mengatakan itu sebabnya dia tinggal di pabrik dan bahwa, sebab jika tidak, Tesla sudah lama bangkrut.

“Tesla telah dan akan menciptakan dan benar-benar memproduksi produk yang paling menarik dan bermakna dari perusahaan mana pun di Bumi,” tambahnya.

Elon Musk sebelumnya sudah dikenal punya karakter blak-blakan dengan budaya kerjanya yang tinggi, terutama bagi para pekerja pabrik. Tujuannya untuk mendorong mereka memenuhi produksi Tesla yang sangat ambisius.

Baca Juga: Makanan Tradsional di Bandung Jadi yang Terbaik di Asia

Seperti halnya ketika angka Covid meningkat di California pada April 2020, Musk menyebut pembatasan kesehatan “fasis” dalam kata-kata kasar selama panggilan pendapatan perusahaan. Musk juga menetapkan pabrik Fremont, California, tetap beroperasi meskipun ada perintah pembatasan kesehatan dari pemerintah setempat.

Bagaimana tanggapan Anda Brava Listeners?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it