Bukan Kerja Keras, Bill Gates Belajar Pentingnya Waktu dari Warren Buffett

63
Bukan Kerja Keras, Bill Gates Belajar Pentingnya Waktu dari Warren Buffett

Sosok Bill Gates dari sejak muda dikenal sebagai seorang pekerja keras hingga saat ini menempati kursi CEO Microsoft. Namun, ternyata Bill Gates baru tersadar bahwa sudah banyak waktu yang terbuang karena kerja terlalu keras yang sempat dilakukannya.

Tidak ada yang salah dalam bekerja keras. Tetapi, hal ini cukup disesali oleh Bill Gates yang tak kenal waktu dalam membangun Microsoft. Bahkan, ia pernah mengirimkan tugas kerjaan ke karyawannya jam 2 pagi.

Bill Gates pun mendapatkan pembelajaran berharga dari CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett, mengenai pentingnya waktu. Buffet menurunkan intensitas kerja kerasnya dan memanfaatkan waktu luang untuk hal lain.

“Setiap menit padat dan saya pikir itulah satu-satunya cara Anda dapat melakukan sesuatu. Saya ingat Warren menunjukkan kalendernya, dia memiliki hari-hari yang tidak ada jadwal apa-apa,” kata Bill Gates dikutip dari CNBC.

Bukan Kerja Keras, Bill Gates Belajar Pentingnya Waktu dari Warren Buffett

Buffet sendiri pernah diwawancarai bersama Bill Gates pada tahun 2017 lalu. Ia mengatakan bahwa semua barang bisa dibelinya, tapi tidak dengan waktu.

“Anda mengontrol waktu Anda. Ini bukan perwakilan dari keseriusan Anda jika Anda isi setiap menit dalam jadwal Anda,” kata Buffet.

“Pada dasarnya saya bisa membeli apapun yang saya inginkan, tapi tidak bisa membeli waktu,” ucapnya.

Baca Juga: Elon Musk Ganti Logo Burung Twitter Jadi Logo X

Bill Gates pun sempat mengakui penyesalannya terlalu kerja keras saat masih muda hingga lupa meluangkan waktu.

“Ketika aku seusia kalian, aku tidak percaya pada liburan, pada weekend. Aku mendorong setiap orang di sekitarku untuk bekerja sangat panjang. Di masa awal Microsoft, kantorku menghadap parkir dan aku akan melihat siapa yang lembur dan pergi lebih dulu,” kata Bill Gates dalam pidato melepas para wisudawan di Northern Arizona University

“Tapi saat aku menua, dan terutama saat aku menjadi bapak, aku menyadari ada hal lain dalam hidup daripada bekerja. Jangan menunggu selama diriku untuk mempelajari hal ini. Luangkan waktu untuk mengembangkan relasi, untuk merayakan kesuksesan dan pulih dari kegagalan,” tambahnya.