Cacar Monyet Jadi Darurat Kesehatan Global, Warga RI Dihimbau Tak Makan Hewan Liar

4301

Baru-baru ini  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan secara resmi terkait wabah cacar monyet menjadi darurat kesehatan global. Status darurat kesehatan global cacar monyet ini mencapai level alarm tinggi.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan jika lebih dari 70 negara telah terjangkit penyakit cacar monyet. Hal tersebut yang membuat masyarakat dunia saat ini sedang menghadapi wabah cacar monyet dan diharapkan mulai mewaspadai.

“Saya telah memutuskan bahwa wabah #monkeyprox global merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional,” kata Tedros, seperti dikutip Minggu (24/7/2022).

Hingga kini wabah cacar monyet sendiri belum masuk ke Indonesia. Namun begitu, patut diwaspadainya dikarenakan wabah cacar monyet sudah masuk ke negara tetangga Indonesia, yakni Singapura dan Thailand.

Sesditjen Kesmas Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan masyarakat Indonesia dihimbau agar tidak memakan makanan hewan liar saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Ia mencontohkan hewan seperti tupai, tikus gambia, monyet dan kera agar tidak dikonsumsi untuk menghindari dari penyakit cacar monyet.

“Kalau melakukan perjalanan ke negara endemis tidak makan-makanan hewan liar, tidak mengolah hewan liar tapi menggunakan alat perlindungan yang standar dan tidak berdekatan dengan orang yang memiliki gejala monkeypox,” ujarnya.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it