Candi Borobudur Tak Lagi Jadi Bagian 7 Keajaiban Dunia

128

Candi Borobudur sebelumnya dikenal sebagai salah satu bagian dari 7 keajaiban dunia. Namun, ternyata Candi yang berada di Magelang, Jawa Tengah ini sudah bukan menjadi bagian dari daftar 7 Keajaiban Dunia atau New 7 Wonders of The World.

Daftar 7 Keajaiban Dunia awalnya dibuat oleh Yayasan New Ope World Corporation (NOWC) di Swiss pada 2000. Pemilihan untuk 7 Keajaiban Dunia ini berdasarkan voting dari 100 juta orang di seluruh dunia.

Voting suara dilakukan pada 2004 sampai 2005 terhadap 176 nominasi 7 Keajaiban Dunia. Candi Borobudur dan Sawah Tegrasering Tegalalang di Bali masuk masuk dalam nominasi tersebut.

Namun sayang, setelah tersaring 21 finalis, Candi Borobudur dan Sawah Tegrasering tak ada dalam daftar sebagai finalis. Hingga akhirnya, terpilihlah Tujuh Keajaiban Dunia yang resmi ditetapkan pada 7 Juli 2007 di Lisbon, Portugal., diantaranya:

  1. Tembok Besar China
  2. Macchu Picchu, Peru
  3. Chichén Itzá, Meksiko
  4. Taj Mahal, India
  5. Petra, Yordania
  6. Patung Yesus Kristus Sang Penebus, Brasil
  7. Colosseum, Italia.

Hasil voting suara terhadap tujuh tempat yang dijadikan sebagai 7 Keajaiban Dunia sempat menuai protes. Hal itu dikarenakan NOWC dianggap hanya memperkenalkan tempat-tempat terkenal yang diketahui banyak orang.

Meski tak masuk dalam 7 keajaiban dunia, namun Candi Borobudur masih masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Candi Borobudur disebut sebagai warisan dunia dikarenakan bangunan candinya ang unik dengan gaya arsitektur yang luar biasa serta bersejarah.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it