Cara Alami Bersihkan Paru-Paru Setelah Putuskan Berhenti Merokok

33

Salah satu upaya untuk hidup sehat setelah berhasil berhenti dari merokok yakni dengan membersihkan paru-paru yang sebelumnya telah dirusak. Ada cara yang bisa Anda lakukan untuk penyembuhan paru-paru ketika sudah berhenti merokok.

Saat sudah memutuskan untuk tidak merokok lagi, paru-paru tidak langsung bersih sepenuhnya. Apalagi jika kebiasaan merokok yang sudah terjadi selama bertahun-tahun yang mengakibatkan racun di paru-paru telah menumpuk.

Namun begitu, lambat laun paru-paru dapat membersihkan diri apabila Anda sudah mulai memutuskan untuk tidak merokok lagi. Beberapa hal pun dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan serta meningkatkan kesehatan paru-paru.

Berikut ini cara alami untuk membersihkan paru-paru setelah berhenti merokok, dilansir dari Healthline.

Minum Air Hangat

Kebiasaan merokok yang sudah bertahun-tahun dapat menumpuk banyak lendir di paru-paru. Menurut American Lung Associationminur air hangat atau teh hijau hangat dapat  menyebabkan pengenceran lendir.

Meminum air hangat menjadikan lendir yang telah menumpuk dapat lebih mudah dibersihkan. Dalam sebuah penelitian menunjukkan teh hijau bisa mencegah beberapa jenis penyakit paru-par karena sifat anti-inflamasi yang dimilikinya.

Berbatuk

Berhenti merokok tidak membuat lendir yang telah menumpuk di dalam paru-paru hilang begitu saja. Salah satu upaya untuk membuang lendir tersebut yakni adalah dengan batuk.

Dengan batu dapat membuka blokir saluran udara yang lebih kecil dan membukanya untuk mendapatkan oksigen.

Olahraga

Pola hidup sehat harus diimbangi dengan kegiatan berolahraga. Olahraga banyak manfaatnya untuk  mempertahankan dan meningkatkan fungsi paru-paru.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it