Cara sederhana berhenti merokok

939
Ilustrasi Stop Merokok
Ilustrasi Stop Merokok

Harga rokok yang melambung di kisaran 50 ribu terbukti membuat polemik berkepanjangan. Banyak kepentingan yang bertarung di sini. Tak ada salahnya hal ini menjadi peringatan buat kita akan bahaya merokok.

Mungkin ini saatnya Anda berpikir ulang untuk membakar tembakau, karena pasti akan membuat Anda merogoh kocek dalam-dalam untuk membakar sebatang rokok.

Sebelum Anda berpotensi terserang beragam penyakit akibat kebiasaan merokok dan jatuh bangkrut karena harus mengeluarkan budget lebih, sebaiknya segera berhenti. Berikut kami berikan langkah sederhana berhenti merokok dari para dokter terpercaya.

Motivasi diri Anda dengan kematian
Faktanya, banyak orang berhasil berhenti merokok setelah mereka berada begitu dekat dengan kematian. Jadi, bayangkanlah diri Anda dalam posisi itu setiap kali kepulan asap tembakau yang dihembuskan rekan di samping Anda seperti menarik-narik Anda untuk membakar sebatang rokok.

Singkatnya, beri tekanan psikologis kepada diri Anda untuk menguatkan keinginan berhenti merokok. “Berhenti merokok bisa dilakukan jika punya motivasi atau niat”, kuncinya hanya itu.

“Pecandu cenderung bisa berhenti merokok jika sudah masuk Rumah Sakit. Karena jika terjadi serangan jantung, pecandu itu akan melihat surga atau neraka. Kalau belum takut mati, biasanya pecandu tidak akan berhenti merokok,” papar dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, dari Medika Plaza International Clinic, Semanggi dan Thompson Specialist Centre.

Gunakan metode hipnoterapi
“Merokok itu seperti naik sepeda. Kita akan tetap ingat cara mengayuh sepeda, meskipun sudah 40 tahun sudah tidak bersepeda. Itu juga berlaku untuk merokok. Pasien saya pernah datang ke rumah sakit, terus mencoba hipnoterapi. Cara ini ternyata membantu untuk berhenti merokok,” terang dr. Rachmat Budi Santoso, Sp.U, dari Rumah Sakit Dharmais Jakarta.

Ya, merokok adalah kebiasaan yang bisa berulang. Meskipun Anda sudah berhenti merokok selama satu atau dua tahun, bukan berarti Anda tidak dapat kembali melakukannya. Program hipnoterapi akan membantu menyusun ulang alam bawah sadar sehingga Anda tidak suka atau tidak butuh rokok selamanya.

Kelola stres dengan baik 
Merokok bagi kebanyakan orang adalah untuk relaksasi. Artinya, stres cenderung mendorong Anda untuk mengambil rokok dan mulai menghisapnya. Bila masalahnya adalah stres, maka Anda harus mempelajari cara-cara lain yang dapat membantu menghilangkan stres.

“Ketika merokok, Anda menghisap asap dalam-dalam dan membuangnya dengan cara yang kelihatan begitu nikmat. Itu adalah satu bentuk pelepasan stres. Sebenarnya, Anda bisa tetap rileks tanpa rokok. Setiap kali beban Anda terasa berat, berhentilah sejenak, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan,” kata dr. Rachmat.

Niat Anda berhenti merokok harus diikuti dengan alternatif lain untuk mengatasi stres. Anda juga bisa melakukan yoga atau mendengarkan musik. Anda harus bisa menghindari stres dalam beberapa pekan, setelah memutuskan berhenti merokok.

Ganti rokok dengan permen 
Meski cara ini belum teruji secara medis dan dipercaya jitu menghentikan kebiasaan Anda merokok, namun alternatif ini layak untuk dicoba.

“Anda bisa memberi tubuh Anda pengganti rokok, misalnya beri permen tembakau atau cengkeh,” kata Dr Rachmat memberikan saran.

Olahraga secara teratur
Ini memang klise. Namun, selain membuat tubuh Anda sehat, olahraga membantu mengeluarkan toksin serta zat beracun dari dalam tubuh. Olahraga bisa dilakukan di lingkungan yang banyak orang, sehingga kita juga bisa bergaul.

“Banyak hal yang bisa dilakukan untuk berhenti merokok, termasuk kegiatan olahraga, meditasi, dan sugesti diri,” ujar Dr. dr. Yudha Turana Sp.S, ahli saraf dari RS Pantai Indah Kapuk.

Jauhi material terkait rokok 
Anda dapat menjauhi rokok dengan cara membuang semua barang yang terkait dengan kebiasaan itu, misalnya korek api, asbak, dan lain-lain.

Konsisten terhadap diri sendiri
Bila ingin berhenti merokok, Anda harus mempunyai komitmen yang kuat kepada diri sendiri.

“Anda harus punya komitmen dan kesungguhan untuk berhenti merokok. Stop merokok hanya karena dorongan orang lain akan merupakan upaya sia-sia,” sambung Dokter Yudha.

Siapkan makanan antirokok
Makanlah lebih banyak buah, sayuran, dan produk susu rendah lemak. Studi dari Universitas Duke menyebutkan bahwa beberapa jenis sayur dan buah membuat rokok terasa “mengerikan”. Ini akan memberikan Anda “kekuatan” dalam memerangi kecanduan sekaligus memberikan nutrisi untuk melawan penyakit

[sumber : fitnessformen | foto pixabay.com]

Share it